Banyak Warga Medan Tak Sanggup Bayar BPJS

Kartu BPJS. Banyak warga Medan tidak sanggup bayar iuran BPJS selama pandemi Covid 19.jpg

KBRN, Medan: Anggota DPRD Medan Rudiawan Sitorus mengungkap banyak di antara warga kota Medan mengaku tidak sanggup lagi membayar BPJS Kesehatan secara mandiri.

"Permasalahan ini kami temukan dalam reses dan sosialisasi peraturan daerah di beberapa kawasan di Dapil I Kota Medan yang meliputi Medan Barat, Helvetia, Petisah dan Medan Baru. Warga menyampaikan sudah tidak mampu membayar iuran BPJS secara mandiri karena masalah perekonomian," jelasnya kepada wartawan di Medan, Kamis (21/10/2021).

Anggota DPRD Medan yang duduk di Komisi III itu menyebutkan, selain permasalahan tidak sanggup membayar iuran BPJS Mandiri, warga juga mengaku banyak yang tidak lagi terdaftar kepesertaannya di BPJS Kesehatan karena sudah kehilangan pekerjaan.

Dikatakan, pengakuan warga kota, banyak diantara mereka harus menguras uang hingga ratusan ribu rupiah setiap bulannya untuk membayar iuran  BPJS.

 "Ada satu keluarga harus membayar lima orang, paling sedikit tiga orang, namun karena kehilangan pendapatan dan pekerjaan, mereka tidak mampu lagi membayar BPJS Kesehatan," ungkapnya.

Menurutnya, dalam upaya  menyelesaikan persoalan warga terkait dengan BPJS, Pemko Medan memiliki program BPJS Kesehatan gratis yang ditanggung APBD, namun diperkirakan tidak mencukupi karena  Pemko tidak memiliki data yang baik dan jelas.

Anggota dewan dari fraksi PKS itu mengharapkan, Pemko Medan dapat melakukan pendataan yang valid di masyarakat terkait dengan keberadaan warga yang tidak mampu dan keluar dari BPJS, sehingga  Pemko dan DPRD dapat mencari solusi terbaik  menyelesaikan persoalan di tengah warga.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00