Video Viral Harimau Kurus di Medan Zoo, Ini Penjelasan Dokter

KBRN, Medan: Dokter hewan Medan Zoo, Dokter hewan, Yuna Dumaica akhirnya mengklarifikasi viralnya harimau kurus dan makan rumput. Menurut Yuna hewan tersebut berjenis Harimau Sumatera, yang kondisnya sedang sakit karena infeksi perut.

“Harimau Sumatera itu punya kita (Medan Zoo), beberapa saat lalu, memang dia ada masalah (pada) kondisi pencernaan, ada infeksi. Dan dari infeksi (itu) ada bakteri,”ujar Yuna, kepada wartawan, Jum’at (24/9/2021).

Terkait kondisi kesehatannya, pihak Medan Zoo, telah mengobati dan merawatanya. Jadi saat ini hewan itu sedang dalam masa pemulihan. “Jadi untuk pola makan, dia dirawat dan diberikan vitamin seperti itu. dan memang dalam beberapa hari ini kan, kebetulan juga sedang diistirahatkan dulu di kandang,”ujarnya.

Mengenai harimau yang terekam di luar kandang, kata Yuna, itu bagian dari latihan masa pemulihan.

“Jadi dikeluarkan itu, agar exercise (olahraga) untuci exercise,”ujar Yuna.

Yuna juga menanggapi soal hariamu terekam memakan rumput. Menurutnya, memakan rumput salah satu cara yang dilakukan, untuk melancarkan pencernaan.

“Memang sejenis kucing-kucingan itu memang biasa makan rumput itu, untuk membantu sistem pencernaan mengeluarkan biasanya, sejenis hairball atau bulu-bulu yang tertelan saat dia membersihkan diri,”kata Yuna.

Dia juga menjelaskan harimau terlihat kurus, bukan lantaran kekuarangan makan, melainkan selama sakit, binatang buas ini nafsu makannya berkurang. "Jadikan saat dia sakit ada kondisi dia nafsu makannya menurun, pasti. Sama seperti, kita (kalau) sakit pastinya seperti itu. Saat ini kita sedang proses pengembalian selera makannya untuk pengembalian bobot tubuh seperti itu,”ujar Yuna.

Selama ini kata Yuna, kebutuhan makan harimau itu, tercukupi, terlebih dengan banyaknya donasi dari masyarakat, selama pandemi. Berbagai jenis daging diberikan kepadanya.

“Kita (kasih) daging ayam, kita ada juga tambahan daging sapi atau daging babi juga ada. Kalau itu (total beratnya) sekitar 4 sampai 5 kilogram,”ujar Yuna. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00