Rapat Banggar DPRD Humbahas Diwarnai Aksi Siram Air

KBRN, Humbahas: Rapat Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara memanas, pada saat membahas dokumen Kebijakan Umum Anggaran – Plafon Perhitungan Anggaran Sementara (KUA – PPAS) APBD Perubahan tahun anggaran 2021 untuk pengambilan keputusan ke Sidang Paripurna.

Sidang yang berlangsung, Senin (20/9), di Gedung DPRD Humbahas turut dihadiri oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah, yakni Sekdakab Tonny Sihombing, Kepala BPKPAD Jhon Harry Marbun, Asisten 3 Janter Sinaga. Kericuhan diawali dari sejumlah anggota dewan Badan Anggaran yang interupsi kepada pimpinan rapat.

Ketua DPRD Humbahas, Ramses Lumbangaol sebagai pimpinan rapat terkesan mengabaikan pendapat dari anggota Banggar yang mempertanyakan regulasi atas dasar pembahasan rancangan perubahan KUA-PPAS P-APBD 2021 tersebut, hingga akhirnya terjadi perdebatan antara peserta Bangar dan pimpinan rapat.

“Untuk itu, barangkali kita sudah sepakat, acuan yang telah diserahkan oleh pemerintah menjadi acuan Banggar. Gimana kira-kira, setuju kawan-kawan? Setuju, tidak setuju,” ajak sejumlah Anggota Banggar.

Kemudian, tiba-tiba seorang anggota dewan dari Fraksi Persatuan Solidaritas, Guntur Simamora memberikan pendapat soal keputusan Ramses, hingga terjadi debat mulut. “Tidak. Apa yang mau disetujui ini menjadi persoalan.

Ketua DPRD kenapa anda putuskan,” ucap Guntur berdiri sambil menunjuk-nunjuk ke arah Ketua DPRD. Ramses pun menjawab, bahwa keputusan yang diambilnya bukan voting tetapi pembahasan. “Ini bukan keputusan bapak, tetapi pembahasan. Jadi barangkali kita tidak mau debat kusir,” ucap Ramses.

Selanjutnya, Guntur mendatangi Ramses sembari menyampaikan bahwa ini bukan debat kusir. “Eh ini bukan debat kusir, saya anggota dewan, kenapa anda putuskan,” katanya.

Tak lama, anggota dewan dari Fraksi Golkar Bantu Tambunan dengan mengenakan baju putih berdiri dan mendatangi Ketua DPRD. Dia menyampaikan bahwa dirinya tidak setuju atas keputusan tersebut.

 “Kami tidak setuju pimpinan, jangan suka-suka pimpinan. Cabut, cabut,” ucap Bantu sambil menyiramkan air minuman ke arah wajah Ramses.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00