Berdayakan warganya, Pemerintah Desa Lahemo Berikan Pelatihan Anyaman

pelatihan anyaman di desa Lahemo

KBRN,Gunungsitoli : Pemerintah Desa Lahemo Kecamatan Gido Kabupaten Nias memberdayakan warganya dengan memberikan pelatihan anyaman kepada 35 orang pemuda Forum Desa Lahemo. Pelatihan anyaman ini di pusatkan di Balai Pertemuan Desa Lahemo.

Kepala Desa Lahemo Kecamatan Gido, Faakhododo Waruwu, S.Pd., kepada Radio Republik Indonesia mengatakan bahwa dalam pelatihan ini, pemuda Desa Lahemo diajarkan oleh ibu-ibu yang sudah terlatih dalam pembuatan anyaman di Desa Lahemo.

“Kita sudah mengundang ibu-ibu di Desa Lahemo ini yang sudah ahli dan terlatih dalam memberikan pelatihan kepada pemuda Desa Lahemo. Jadi ada 5 orang pelatihnya, dan masing-masing kelompok terdiri dari 7 orang,” ujar Kades Lahemo, (Senin/21/6/2021).

Tujuan dari pelatihan kepada para pemuda  ini jelasnya, untuk mengajarkan kepada mereka dalam meneruskan tradisi menganyam, mulai  tikar, topi dan beberapa produk lainnya yang sudah mulai punah saat ini.

Menurutnya, jika prospek mengayam ini baik maka akan dikembangkan untuk dijual dan menjadi tambahan penghasilan bagi warga. Dan pemerintah desa melalui Bumdes siap menampung hasil produksi anyaman.

“Bila ini berkembang, kita akan jalin kerja sama dengan Dinas Perindag Kabupaten Nias untuk melakukan promosi dan pemasaran hasil produksi anyaman ini,” katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00