Pemkab Nias Barat Gelar Rakor Bersama SDM PKH

Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu bersama Korkab PKH

KBRN, Gunungsitoli: Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu, memimpin rapat koordinasi dengan Sumber Daya Manusia (SDM) Program Keluarga Harapan (PKH) di ruang Aekhula Kabupaten Nias Barat.

Dalam arahannya, Bupati Nias Barat menyampaikan agar mencari solusi terhadap setiap permasalahan dan keluhan masyarakat terkait PKH di Kabupaten Nias Barat.

"Tahun-tahun sebelumnya ada banyak kami terima keluhan masyarakat mengenai PKH diantaranya ada kelompok penerima manfaat yang menerima PKH sementara pada tahun berikutnya tidak terima lagi. Kita cari solusi dari keluhan ini. Itulah gunanya kami mengumpulkan saudara-saudara pendamping PKH,” ujarnya, Jumat (18/6/2021).

Meskipun secara administrasi, lanjut Khenoki, surat keputusan pendamping bukan dari pemerintah daerah tetapi sehaluan dalam menyukseskan program pemerintah. Untuk itu dimohon kerja samanya dalam memberi pelayanan kepada masyarakat Nias Barat.

Sementara itu, Kordinator Kabupaten (Korkab) pendamping PKH, Desrianto Halawa, dalam ruang diskusi menyampaikan kendala atas keluhan kelompok penerima manfaat PKH yang berubah-ubah.

“Ada beberapa penyebab mengapa PKH yang menerima tahun lalu kemudian pada tahun berikutnya tidak menerima lagi di antaranya hasil temuan NE BPK, NIK ganda, kesalahan pada ID DTKS, nama tidak terdapat di Dukcapil," katanya.

"Selain itu adak NIK tidak terdata di Dukcapil, penulisan nama yang berbeda, nama sama tapi NIK berbeda tetap juga dianggap berbeda, NIK berbeda pada KK dan KTP dan terakhir kadang nama termuat pada dukcapil meninggal," tambah Desrianto Halawa.

Pada rapat koordinasi tersebut bupati Nias Barat didampingi Sekda Prof. Dr. Fakhili Gulo, Asisten, Plh. Dinas Sosial dan diikuti 1 orang Koordinator kabupaten, 1 orang APD serta 24 orang pendamping PKH se-Kabupaten Nias Barat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00