Kualanamu Layani 10 Penerbangan Domestik dan Luar Negeri Awal Larangan Mudik

KBRN, Medan: Larangan mudik lebaran 2021 resmi diberlakukan mulai Kamis (6/5) ini. Namun sejumlah Bandar Udara (bandara) masih tetap mengoperasikan jadual penerbangan di hari pertama larangan mudik. Seperti bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, tercatat ada 10 jadwal penerbangan domestik dan luar negeri (internasional) yang tetap beroperasi.

Humas PT Angkasa Pura II Bandara Kualanamu, Novita Maria Sari mengatakan, rencana penerbangan di Bandara Kualanamu masing – masing 8 untuk penerbangan domestik baik yang datang atau berangkat dari bandara. Serta dua penerbangan luar negeri. Untuk penerbangan domestik, hanya dua maskapai pesawat udara yang beroperasi yakni Garuda Indonesia dan Lion Air.

“Rencana penerbangan hari ini ada 8 untuk domestik dan 2 internasional,” ujar Novi.

Pesawat udara Garuda Indonesia beroperasi untuk perjalanan dari Bandara Kualanamu tujuan Bandara Soekarno Hatta dan sebaliknya ada 4 penerbangan. Sedangkan 2 penerbangan tujuan Kualanamu – Gunung Sitoli dan sebaliknya. “Selain itu ada juga pesawat udara Lion Air rencana penerbangan ada dua yakni dari Bandara Soekarno – Hatta tujuan Kualanamu pada pukul 5.20 wib dan Kualanamu – Soekarno Hatta pukul 8.20 wib,” ujar Novi.

Tidak hanya penerbangan domestik, Bandara Kualanamu juga melayani angkutan penerbangan internasional. Pada Kamis ini hanya maskapai pesawat udara Air Asia yang menjadwalkan dua penerbangan  dari Bandara Penang Malaysia ke Kualanamu.

“Pesawat Air Asia dengan nomor penerbangan QZ 107 akan tiba pada pukul 12.40 wib. Begitu juga jadual penerbangan kedua QZ 106 dari Kualanamu tujuan Penang pada pukul 10.20 wib,” kata Novi.

Selain melayani penerbangan komersil, PT Angkasa Pura II Bandara kualanamu juga melayani penerbangan pesawat kargo logistik pada Kamis ini. Total ada 10 jadual penerbangan, masing - masing maskapai Trigana 4 penerbangan dan Citilink 6 penerbangan.

Dengan adanya larangan mudik lebaran tahun ini, terhitung pada 6 Mei 2021 total ada 206 penerbangan domestik dan internasional yang di cancel. Rinciannya 172 penerbangan domestik dan 34 penerbangan interansional. (Joko Saputra)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00