Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan

KUSUKA_elektonik

KBRN, Gunungsitoli: Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah mencanangkan Program Perlindungan dan Pemberdayaan Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan, sebagai wujud pelayanan dan peningkatan kesejahteraan.

Jika sebelumnya program tersebut dilakukan dengan menerbitkan Kartu Nelayan yang diperuntukkan bagi nelayan kecil, kini kartu tersebut telah berganti. Namanya, Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (Kartu Kusuka).

"Sejak tahun 2020 dan hingga saat ini, kartu KUSUKA yang telah dicetak dan terbit di kota Gunungsitoli sekitar 1.000 lembar, dari 1.823 nelayan kota Gunungsitoli," pungkas Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan kota Gunungsitoli Aliran Telaumbanua, Rabu (14/04/2021).

Kartu kusuka ini memiliki beberapa manfaat seperti, memudahkan pelaku usaha kelautan dan perikanan dalam mengakses transaksi online, memudahkan akses pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR), serta memudahkan dalam pengajuan asuransi nelayan.

"Yang mendapat kartu kusuka ruang lingkupnya itu adalah nelayan, pembudidaya ikan, pengolah ikan, pemasar ikan perikanan dan penyedia jasa produksi ikan. Kartu kusuka ini, sudah kita himbau agar dimiliki seluruh nelayan di kota Gunungsitoli" ujar Aliran Telaumbanua

Bagi pelaku perikanan yang hendak mendapatkan kartu kusuka tersebut, ungkap Aliran tak perlu bimbang sebab, ada penyuluh yang akan melakukan pendampingan.

"Tentunya dengan adanya kartu kusuka ini akan dapat bermanfaat bagi pelaku usaha di bidang perikanan karena beragam manfaat yang ada di dalamnya," tutup Aliran Telaumbanua

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00