KSOP Gunungsitoli Gelar Rakor Guna Optimalisasi Muatan Balik Kapal Tol Laut

Kepala KSOP Gunungsitoli, Merdi Loi, SE,MM

KBRN, Gunungsitoli: KSOP Gunungsitoli menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dan Stakeholder Pelabuhan Gunungsitoli Dalam Rangka Optimalisasi Muatan Balik Tol Laut, bertempat di Grand Kartika,  Selasa (13/4/2021).

Kepala KSOP Gunungsitoli, Merdi Loi mengatakan kepada Radio Republik Indonesia bahwa Rapat Koordinasi ini sangat penting guna mengoptimalkan pemanfaatan kapal tol laut utk konektivitas komoditi hasil alam Kepulauan Nias ke Pulau Sumatera dan Pulau Jawa dan begitu juga sebaliknya.

Selama ini untuk pemanfaatan tol laut hanya sebatas kedatangan sementara untuk muatan balik tidak ada sama sekali, dan hal inilah yang digenjot dengan mempertemukan pihak-pihak terkait.

“Kami undang seluruh instansi teknis terkait sekepulauan Nias dan termasuk pengusaha sekepulauan Nias. Dan memang rapat ini sangat penting untuk menyamakan persepsi dalam hal pemanfaatan kapal tol laut ini,” ujar Merdi, Rabu (14/4/2021).

Adapun Rapat Koordinasi itu menyepakati beberapa poin penting yakni Berkolaborasi dan bersinergitas Instansi teknis Pemda/Pemko Se-Kepulauan Nias untuk mendorong dan melakukan sosialisasi kepada pelaku usaha dalam pemanfaatan kapal tol laut, Pelaku usaha akan membangun jaringan baru tentang pemasaran hasil alam di Pulau Jawa dan Sumatera. Diupayakan kedatangan kapal sesuai jadwal dan akan dikoordinasikan kepada ASDP sebagai operator kapal, tarif kapal tol laut sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Kemenhub.

“Kami sudah tegaskan stakholder Pelabuhan Gunungsitoli sangat siap membantu masyarakat sebagai pelaku usaha untuk mengirim barang melalui kapal tol laut,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00