BMKG Ingatkan Potensi Gelombang Tinggi di Samudera Hindia

Gelombang laut (ilustrasi/int)

KBRN, Medan: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi terjadinya gelombang tinggi di sekitar Samudera Hindia pada Jumat (15/1/2021). 

Di antaranya di perairan utara Sabang, Selat Malaka bagian utara, perairan barat Aceh dan Samudera Hindia barat Aceh. Kemudian perairan Nias-Sibolga dan perairan Samudera Hindia barat Nias.

"Prakiraan gelombang laut mencapai 2,5 meter," tulis BMKG dalam informasinya peringatan dinnya. 

Sementara untuk cuaca di Sumatera Utara hari ini masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat. Namun secara umum hampir seluruh wilayah berawan. 

Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang berpotensi terjadi pada siang hari di Tapteng, Sibolga, Taput, Tapsel dan Madina. Kemudian Humbahas, Langkat, Deli Serdang, Medan, Binjai, Pakpak Bharat, Dairi, Karo, Sergai, T. Tinggi, Batubara, Asahan, Labuhanbatu, Toba, Simalungun, Samosir dan sekitarnya.

Sementara bukan lebat berpotensi terjadi pada sore hingga malam hari di wilayah Langkat, Binjai, Deli Serdang, Medan, Asahan dan Serdang Bedagai. Kemudian Karo, Dairi, Pakpak Bharat,  Simalungun, Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Madina, Tapanuli Tengah, dan sekitarnya. 

"Waspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diwilayah lereng timur, Pantai timur, dan pegunungan pada sore-malam hari hari yang dapat menyebabkan banjir dan longsor," terangnya.

"Untuk suhu udara 17.0 – 32.0°C dengan kelembapan 60-98% serta angin berkecepatan 10-20 km/jam ke timur laut-barat daya," tambah informasi tersebut. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00