KUA Diminta Tingkatkan Pelayanan dengan Memanfaatkan IT

KBRN Medan: Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Medan Dr.H. Impun Siregar, MA didampingi Kasi Bimas Islam, Hasan Basri, S.Ag, M.Si., membuka secara resmi Kegiatan Capacity Building Revitalisasi KUA di Hotel Putra Mulia Medan, Senin (4/7/2022).

Kakankemenag Kota Medan dalam sambutannya mengatakan revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) merupakan program prioritas Kementerian Agama, oleh karenanya KUA harus terus berbenah, memperbaiki sarana dan prasarana karena KUA merupakan Wajah Kemenag yang langsung berhadapan dengan masyarakat.

Impun Siregar menyampaikan tujuan revitalisasi KUA di antaranya meliputi penyempurnaan standar pelayanan publik, seperti transformasi digital serta pemanfaatan informasi teknologi (IT) dalam pelayanan.

“Ke depan kita tidak bisa mengabaikan teknologi digital yang semakin berkembang pesat. Apalagi hal ini menjadi salah satu fokus utama dari program Revitalisasi KUA dalam menunjang layanan berbasis digital,” ungkapnya.

Lebih lanjut Kakankemenag Kota Medan mengatakan tantangan kedepan adalah era digitalisasi. KUA harus bisa melayani urusan keagamaam dengan memanfaatkan informasi teknologi dan meningkatkan kualitas SDM KUA agar bisa menguasai informasi teknologi.

“Segala potensi yang ada di KUA harus diberdayakan, terutama pemanfaatan informasi teknologi. Di zaman modern saat ini kita dituntut untuk memberikan pelayanan yang cepat, tepat dan akurat, tidak terkecuali pelayanan publik di KUA. Maka KUA harus terus meningkatkan pelayanan sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Impun Siregar menambahkan, seorang penghulu dalam memberikan pelayanan pernikahan kepada masyarakat harus berpenampilan rapi dan bersih serta memakai jas sehingga kelihatan lebih berwibawa.

“Jika ada penghulu yang menikahkan berpenampilan kusut dan tidak rapi tentu ini akan mencoreng profesi penghulu,” tegasnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Penanggung Jawab Fungsi Bina Lembaga dan sarana Prasarana Kantor Urusan Agama serta Sistem Informasi Urusan Agama Islam Kanwil Kemenag Sumut, H. Ansor Pohan, SH, M.AP., yang bertindak sebagai narasumber.

Kegiatan ini diikuti 40 peserta terdiri dari Kepala Kantor Urusan Agama dan penghulu di lingkungan Kementerian Agama Kota Medan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar