Kemenag Medan Laksanakan Kegiatan Bimtek Pemetaan SDM Kepenghuluan

KBRN Medan : Kantor Kementerian Agama Kota Medan melalui Seksi Bimas Islam melaksanakan Kegiatan Bimtek Peningkatan Pemetaan SDM Kepenghuluan di Hotel Saka Medan, Rabu (29/6/2022).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Medan Dr.H. Impun Siregar, MA didampingi Kasi Bimas Islam Hasan Basri, S.Ag, M.Si yang juga dihadiri Penanggungjawab Fungsi Kepenghuluan dan Fasilitas Bina Keluarga Sakinah Kanwil Kemenag Sumut H. Arifin, S.Ag, M.H yang bertindak sebagai narasumber.

Kakankemenag Kota Medan dalam bimbingan dan arahannya mengatakan, pemetaan SDM Kepenghuluan sangat penting dilakukan untuk memudahkan dan menganalisa segala kebutuhan terkait Kepenghuluan khususnya di Kota Medan.

“Pemetaan SDM merupakan hal yang penting dalam satu organisasi atau kelembagaan untuk mengukur kompetensi karyawan. Dengan pemataan SDM kinerja suatu organisasi diharapkan dapat ditingkatkan,” ungkapnya.

Impun Siregar mengharapkan Penghulu terus meningkatkan kompetensi dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. “Penghulu harus bisa menjaga nama baik Kementerian Agama. Jangan sampai masyarakat mengeluh dengan pelayanan yang kita lakukan. Tapi bagaimana masyarakat memberi nilai positif dengan pelayanan kita," ujarnya.

Kakankemenag Kota Medan menyampaikan, Penghulu harus memahami tugas dan fungsinya, memahami hukum-hukum munakahat yang merupakan landasan dalam menjalankan pernikahan bagi calon pengantin dan menjadi mediator atas masalah-masalah yang ada di masyarakat terutama tentang pernikahan.

Impun Siregar juga mengingatkan kepada Penghulu agar selalu menjaga kebersamaan dan kekompakan serta melaksanakan tugas dengan jujur, amanah, professional dan bertanggung jawab.

Kegiatan ini diikuti 40 orang peserta yang merupakan Penghulu Kecamatan se Kota Medan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar