Tim Sumut Masuk Tiga Besar Festival Nusantara Gemilang 2022

KBRN, Medan : Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersama Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak kompak memberi dukungan penuh kepada Tim Sumut pada Festival Nusantara Gemilang 2022. 

Keduanya menyaksikan langsung penampilan Tim Sumut yang berhasil masuk dalam tiga provinsi terbaik pada Pergelaran Malam Festival Nusantara Gemilang 2022, Selasa (28/6/2022) malam, di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan. 

"Saya sangat bangga dengan kalian. Kreativitas, ketekunan dan kerja keras, serta kerja sama yang baik telah membuahkan hasil yang terbaik. Kalian sudah membuktikannya, selamat, kalian hebat," kata Edy Rahmayadi kepada Tim Sumut, usai penampilan tim yang berhasil memukau penonton melalui tarian besutan Koregrafer Tengku Ary Rahmana.  

Edy juga memberi apresiasi kepada Polri yang telah melaksanakan Festival Nusantara Gemilang 2022 dengan sangat baik. Menurutnya, kegiatan tersebut menjadi ajang para anak-anak muda di negeri ini untuk berkreasi dan berprestasi, serta mengenal budaya bangsa. 

"Festival ini memberi kesempatan kepada anak-anak muda untuk berkreasi dan berprestasi,  sekaligus bisa belajar, kerja sama  dan mengenal budaya," kata Edy. 

Festival Nusantara Gemilang 2022 merupakan kegiatan seni budaya yang diprakarsai Polri dalam memeriahkan HUT ke-76 Bhayangkara yang jatuh pada 1 Juli 2022. Festival seni dan budaya melibatkan anak muda dari 34 provinsi senusantara. Tujuannya untuk  menumbuhkan nasionalisme dan mengedukasi pemuda harapan bangsa, dengan menampilkan seni sebagai wujud keberagaman bangsa.

Dari 34 terpilih hasil seleksi video yang dikirim terpilih 14 provinsi, kemudian berkompetisi lagi sehingga terpilih tiga pemenang dimana Sumut termasuk di dalamnya. 

Tiga wilayah terbaik mendapat kehormatan menampilkan kebolehannya pada Pergelaran Malam Festival Nusantara Gemilang 2022. 

Tim Nusantara Gemilang Sumut termasuk dalam tiga provinsi yang mendapat kehormatan tersebut. Sumut menampilkan tarian yang  berjudul ‘Marmeam’ yang artinya bermain. Tarian garapan baru ini menggabungkan tiga  etis nusantara yaitu Batak Toba, Nias dan papua, tarian menggambarkan suka cita.

Pelatih Tim Sumut Tengku Ary Rahmana megatakan, Tim Sumut terdiri dari 15 anak muda Sumut yang berlatar belakang beragam etnis. Dia mengaku senang sekali mendapat kesempatan terlibat dalam kegiatan tersebut. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar