Libur Sekolah, 120 Ribu Orang Padati Bandara Soetta per Hari

Wisatawan padati bandara Soekarno-Hatta di libur sekolah. (Foto: Isty/MNC)

KBRN, Medan: Memasuki musim liburan sekolah, pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta naik 120 ribu orang per hari. Hal ini berbanding terbalik dengan tahun lalu, di mana dalam waktu yang sama jumlah penumpang hanya mencapai 10 ribu sampai 15 ribu orang.

"Jumlah pergerakan penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta pada Juni 2022 rata-rata sekitar 120 ribu orang per hari atau meningkat dibandingkan dengan Desember 2021 yang sekitar 80 per orang per hari," kata Presiden Direktur PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, dikutip dari ANTARANEWS.Com, Selasa (28/6/2022).

Naiknya angka pergerakan penumpang ini sedikit banyak dipengaruhi oleh keinginan masyarakat untuk kembali melakukan perjalanan setelah sekian lama pintu pariwisata tertutup. Pulihnya penanganan pandemi juga mempengaruhi kenaikan jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta.

"Sekarang tidak pernah lagi angka penumpang di bawah 100 ribu, bisa dilihat perbandingannya mulai dari Januari hingga menjelang Idulfitri kemarin," ujarnya.

Berdasarkan data akumulasi dari periode tersebut dapat dilihat pertumbuhan pergerakan di Bandara Soetta bila dilihat dari Januari, Februari, Maret dan April, lalu menjelang Idulfitri dibulan Mei, sampai dengan saat ini, pertumbuhan sekitar 18 sampai 21 persen.

"Pertumbuhan sekitar 18 sampai 21 persen pergerakan khusus di Bandara Soetta. Kita berharap ini terus meningkat ya, seperti kata pak menteri (BUMN), itu terutama untuk penerbangan domestik dulu, baru kemudian ke traffic internasional," tuturnya.

Seperti diketahui, pemulihan penerbangan di Bandara Internasional Soekarno Hatta, saat ini sudah melebihi 85 persen pasca-pandemi COVID-19. Bahkan, recovery rate di 20 bandara yang berada di bawah managemen PT Angkasa Pura II sudah mencapai 60 persen.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar