Peringatan HANI 2022, Kepala RRI Medan: Kami Berantas Narkoba Lewat Udara

Hari Anti Narkoba Internasional (rri medan)

KBRN, Medan: Setiap tanggal 26 Juni di peringati sebagai Hari Anti Narkoba Internasional atau Sedunia. Pada peringatan tersebut Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) Medan, ikut serta memberantas narkoba lewat udara dan mengajak semua pihak, perlu bersinergi untuk menerangi penyalahgunaan narkoba.

Kepala RRI Medan, Drs.Mirza Musa, M.M., mengajak untuk meningkatkan peranan dalam pemberantasan narkotika.

“Kita prihatin grafik atau angka penyalahgunaan narkotika semakin hari semakin meningkat, peningkatan, survei dari BNN pengguna narkoba di Indonesia pada 2021 sebesar 0,5 persen, sehingga menjadi 1,95 persen atau 3,66 juta jiwa,” kata Mirza Musa, Minggu (26/6/2022).

Strategi yang sifatnya edukatif harus direncanakan, diadakan, dan dilaksanakan secara intensif guna menghasilkan kehidupan sosial yang bebas dari penyalahgunaan narkoba.

“Kerja cepat dan kerja hebat dalam memberantas narkoba sesuai dengan tema HANI 2022, kami selaku lembaga penyampaian informasi harus melakukan tindakan preventif dan edukatif, yakni sedari awal harus memberikan edukasi tentang bahaya narkoba lewat udara atau siaran radio,”pungkasi Mirza.

Mirza yang pernah menjabata sebagai Kepala RRI Bandung tersebut juga mengungkapkan RRI Medan dan Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumut sudah menjalin kerja sama untuk memberantas narkoba.

“RRI adalah Rumah Rakyat Indonesia, sudah seharusnya kita harus bergerak bersama untuk membantu menekan peredaran narkotika dengan menyuarakan isu tersebut melalui udara.”tambah Mirza.

Kerja sama Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumut dan LPP RRI Medan adalah sebagai tindak lanjut kerja sama BNN Provinsi Sumut  dengan RRI yang sudah dimulai dari tingkat pusat melalui penanda tangan Kerja Sama/ MOU Direktur Utama LPP RRI,  I. Hendrasmo, dengan Kepala BNN, Petrus Reinhard Golose, di Auditorium Yusuf Ronodipuro Gedung LPP RRI, Rabu (6/4/2022).

Adapun beberapa poin hasil pelaksanaan kerja sama tersebut ialah :

  1. RRI Medan akan memutar Lagu Mars BNN minimal 5 kali sehari dalam setiap program siarannya setiap harinya sebagai upaya sosialisasi perang terhadap narkoba
  2. Akan dilakukan dialog interaktif yang nantinya narasumber akan berasal dari BNNP maupun BNN Kab/Kota di wilayah Sumut bersama stakeholder lainnya khususnya pemerintah daerah setempat.
  3. Akan segera menindaklanjuti MoU BNN RI dengan RRI pusat melalui penandatangan Kerja Sama di lingkungan BNNP Sumut dan jajaran dengan RRI Medan.
  4. Dengan Perjanjian Kerja Sama yang dilakukan ini diharapkan akan tersosialisasi bahaya narkoba maupun program-program P4GN di seluruh wilayah Sumatera Utara sampai ke desa-desa mengingat siaran RRI menjangkau sampai wilayah perdesaan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar