Pemerintah AS Serahkan Lukisan Karya Anak Medan ke Pemprov Sumut

KBRN, Medan : Pemerintah Amerika Serikat memberi tiga lukisan karya seniman Medan untuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara  (Sumut). 

Lukisan diserahkan Pelaksana tugas Dubes AS, Michael Kleine kepada Kepala Dinas Kesehatan Sumut Ismail Lubis, dan Kepala Dinas  Kebudayaan dan Pariwisita Sumut Zumri Sulthony, di Konsulat AS untuk Sumatera, di Medan, Jumat (25/6/2022).

Penyerahan lukisan tersebut bersamaan dengan penutupan pameran lukisan di rumah dinas Konsul AS untuk Sumatera,  Gordon Church, yang sekaligus menggelar acara perayaan ulang tahun AS. Pameran lukisan di Medan, November 2021 sebelumnya dibuka Duta Besar AS, Sung Kim. 

Pelaksana tugas Dubes AS, Michael Kleine mengatakan, pameran lukisan Konsulat AS untuk Sumatera dengan melibatkan seniman di Medan,  menggambarkan kerja sama yang baik/kuat antara AS-Indonesia.

Menurutnya, lukisan yang dipamerkan tersebut untuk mengingatkan hubungan baik antara Indonesia dan AS. Apalagi lukisan - lukisan itu menggambarkan ikon Kota Medan atau Sumut, seperti becak Medan dan menara air PDAM Tirtanadi. 

Michael Kleine didampingi Konsul AS untuk Sumatera Gordon Church, dam Wakil Konsul AS untuk Sumatera Jessica Chesbro, menegaskan, hubungan baik AS dan Indonesia semakin membaik di segala bidang termasuk mendukung lingkungan yang sehat. Salah satunya rencana pembangunan Kantor Konsulat AS di Medan dengan penghijauan yang maksimal. 

Konsul AS untuk Sumatera, Gordon Church, mengapresiasi kemampuan pelukis untuk menggambarkan Kota Medan.

"Pameran dan hasil lukisan telah membawa Indonesia ke rumah saya," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa pameran lukisan itu juga menunjukkan kemitraan strategis AS-Indonesia yang sedang berjalan. 

Sementara Pelukis Arief Siregar  (Digidoy), mengaku bangga hasil karyanya bisa dipamerkan di kantor Pemerintah AS. 

"Suatu kebanggaan tersendiri hasil lukisan yang menggambarkan ikon-ikon Kota Medan dan Sumut dihargai Pemerintah AS, " ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar