Kepala BKKBN Minta Pemkab Dairi Serius Atasi Stunting

KBRN, Medan: Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI, Hasto Wardoyo, mengunjungi Kabupaten Dairi. Kedatangannya disambut Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu, didampingi Ketua PKK Dairi, Romy Mariani, mengikuti kegiatan dalam rangka roadshow bersama mitra kerja dengan tema 'Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting'.

Dalam kesempatan itu, Bupati Eddy Berutu menjelaskan stunting adalah kekurangan gizi pada balita yang berlangsung pada masa 1000 hari pertama kehidupan sejak kehamilan hingga bayi berusia 2 tahun. Stunting menyebabkan terhambatnya perkembangan otak dan tumbuh kembang anak.

"Angka kasus stunting di Kabupaten Dairi masih butuh perhatian serius. Sebab itu pemerintah pusat menetapkan Dairi sebagai salah satu kabupaten prioritas pencegahan penurunan stunting," ungkapnya, Kamis (23/6/2022).

Menangani hal tersebut, pemerintah Dairi berusaha keras dan terus mencari solusi serta membuat berbagai program agar angka stunting di Dairi terus menurun.

"Dalam program Bangga Kencana ini diharapkan mempermudah pemerintah daerah dalam pengaturan kelahiran; menjaga kesehatan dan menurunkan angka kematian ibu, bayi dan anak," sebutnya.

Selain itu, kegiatan ini guna meningkatkan akses dan kualitas informasi pendidikan konseling. Program ini juga meningkatkan partisipasi dan kesertaan KB pria.

"Terakhir mempromosikan penyusuan bayi sebagai upaya untuk menjadikan kehamilan," sebutnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar