Tema dan Sejarah Hari Bidan Nasional Tahun 2022

Hari Bidan Nasional 2022 (rri medan)

KBRN, Medan: Hari Bidan Nasional biasa dirayakan pada tanggal 24 Juni. Tahun 2022 peringatan tersebut jatuh pada hari Jumat. Hal ini bermula dari Konferensi Bidan Pertama di Jakarta pada tanggal 24 Juni 1951 yang digagas oleh para bidan senior yang berdomisili di Jakarta. Terbentuknya tanggal 24 Juni sebagai Hari Bidan Nasional tidak terlepas dari proses terbentuknya Ikatan Bidan Indonesia (IBI) pada tahun 1951, sebab di tanggal tersebut juga merupakan hari didirikannya IBI.

Peringatan 24 Juni diawali dengan Konfrensi Bidan di Jakarta. Diketahui, senior-senior yang ikut sebagai pemrakarsa konferensi bidan pertama ialah, Selo Soemardjan, Ibu Fatimah, Sri Mulyani, Salikun, Sukaesih, Ipah dan S. Margua, yang selanjutnya memproklamirkan IBI sebagai satu-satunya organisasi resmi bagi para bidan Indonesia.

Landasan dari adanya IBI ialah, penguatan arah yang dirasa perlu yaitu mendirikan organisasi profesi IBI, berbentuk kesatuan, bersifat nasional, dengan azas Pancasila dan UUD 1945.

Pada tahun ini, tema yang diangkat IBI adalah Tema Hari Bidan Nasional 2022 adalah "Perjalanan Panjang Profesi Bidan Mewujudkan Generasi Unggul Menuju Indonesia Maju".

Dengan adanya tema ini diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme, agar mampu memberikan pelayanan sesuai standar profesi dan kewenangan. Selain itu memperkuat eksistensi pelayanan kesehatan primer melalui optimalisasi pelayanan kebidanan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar