Singapura Laporkan Kasus Cacar Monyet Pertama pada Pramugara

KBRN, Medan: Singapura menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang melaporkan kasus cacar monyet. Pasien tersebut adalah seorang pramugara yang keluar-masuk Singapura sejak pertengahan Juni.

"Dia dalam kondisi stabil di bangsal di Pusat Nasional untuk Penyakit Menular di Singapura," kata Kementerian Kesehatan Singapura dalam sebuah pernyataan dikutip dari CNBC.

Dikutip dari ANTARA, tiga belas kontak dekat pria itu telah diidentifikasi dan semuanya akan ditempatkan di bawah karantina selama 21 hari sejak kontak terakhir. Pelacakan kontak sedang berlangsung untuk penerbangan yang terkena dampak.

Pria itu mengaku mengalami gejala sakit kepala pada 14 Juni dan demam pada 16 Juni. Gejala kemudian hilang dan timbul ruam kulit pada 19 Juni.

Pihak Kemenkes Singapura mengatakan, pasien sempat melakukan konsultasi medis melalui sambungan telepon pada Minggu malam (19/6/2022), informasi ini kemudian disampaikan ke pihak NICD dan pada Senin (20/6/2022), dilakukan penelitian lebih lanjut.

"Orang yang berada di bawah pengawasan telepon akan menerima panggilan setiap hari selama periode 21 hari untuk memantau timbulnya gejala," beber pernyataan tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar