Sudah Dapat Pelukan? Sejarah Hari Peluk Nasional

KBRN, Medan :  Jumat (21/1/2022) dinobatkan sebagai Hari Peluk Nasional 2022 atau National Hugging Day. Peringatan Hari Peluk Nasional ini pun sempat menjadi trending topik di media sosial Twitter.

Dikutip dari National Today, sejarah Hari Peluk Nasional diciptakan pada tahun 1986 oleh Kevin Zaborney. Ia memilih 21 Januari karena itu adalah waktu antara liburan musim dingin dan hari-hari setelah tahun baru, yang dia perhatikan adalah saat orang-orang cenderung merasa rendah diri. 

Dia juga merasa orang-orang sering terlalu malu untuk menunjukkan kasih sayang di depan umum dan berharap Hari Peluk Nasional akan mengubahnya, meskipun dia tidak pernah benar-benar berpikir itu akan terjadi.

Peringatan hari ini pun menjadi populer di negara-negara barat, di antaranya Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Belanda, Australia hingga Afrika Selatan. 

Kevin mengatakan, Hari Peluk Nasional dicanangkan untuk mendorong keluarga dan teman saling tukar kasih.

“Pelukan di hari ini pun tidak diartikan dan terikat dengan seks. Melainkan pelukan yang memiliki makna dukungan, kasih sayang dan perhatian,” ungkap Kevin.

Kata "pelukan" diyakini berasal dari kata "hugga" yang berarti "menghibur" dalam bahasa Norse Kuno, pertama kali muncul sekitar 450 tahun yang lalu.

Tujuan dari hari ini adalah untuk membantu semua orang menunjukkan kasih sayang di depan umum. Satu-satunya cara untuk merayakan hari ini adalah dengan menawarkan pelukan kepada siapa pun yang Anda inginkan. Memeluk anggota keluarga atau orang yang anda sayangi memiliki manfaat kesehatan mental dan fisiknya.

Cara terbaik untuk memperingati Hari Peluk Nasional adalah dengan memberi seseorang pelukan erat. Atau, jika Anda membutuhkannya, mintalah pelukan dari orang lain. Pelukan tak hanya dilakukan secara fisik, anda juga bisa memberi tahu seseorang anda peduli dengan mengirimkan kata-kata penyemangat.

Berikan kegembiraan pada mereka dengan memberi tahu mereka betapa berartinya mereka bagi anda dengan pelukan verbal sampai anda dapat memberi mereka pelukan yang sebenarnya. Jangan lupa gunakan tagar #NationalHuggingDay untuk memposting di media sosial.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar