MUI Sumut Minta Pemerintah Pastikan Keberangkatan Jamaah Umrah

KBRN, Medan: Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara berharap pemerintah dapat memastikan keberangkatan calon jamaah haji umrah ke tanah suci Mekkah.

"Berkenaan dengan haji dan umrah pada tahun ini tentu masih menunggu pengaturan teknis pemerintah kita dan Pemerintah Arab Saudi," kata Ketua MUI Sumut Bidang Dakwah, Prof Dr Mohd Hatta, di Medan, Kamis (2/12/2021).

Hanya saja, Hatta menilai sejauh ini belum ada regulasi yang seharusnya sudah dipersiapkan dan diberitahu kepada publik, termasuk perihal ada atau tidaknya ketentuan tertentu dari Pemerintah Arab Saudi.

"Jamaah umrah yang sudah lama mempersiapkan diri merasa resah, apakah niat suci mereka akan dapat terlaksana atau tidak," ucapnya.

Ia berharap semoga jamaah umrah dapat segera menunaikan ibadah dalam waktu dekat seperti halnya harapan jamaah haji untuk musim haji yang akan datang. Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Haji Provinsi Sumut, Muslim Lubis, menyebutkan daftar tunggu calon jamaah haji Sumatera Utara sampai tahun ini lebih kurang 153.253 orang.

"Kalau haji belum ada kuota sampai dengan saat ini, dan sudah dua tahun tidak berangkat dan jumlah daftar tunggu Sumut 153.253 orang, kita tunggu pengumuman pemerintah," kata Muslim.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar