Percepat Pembangunan Daerah, Pers Diharapkan Terus Kawal Pemprov Sumut

KBRN, Medan : Peran dan dukungan pers sangat dibutuhkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) dalam upaya percepatan pembangunan daerah, sehingga pembangunan daerah dapat berjalan dengan baik, tepat sasaran,  serta mampu mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

“Pers berperan mengawasi pemerintah. Kenapa diawasi, kalau tidak, tak jalan ini program, sengsara rakyat," ujar Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat menerima audiensi  pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Medan, Rabu (1/12/2021). 

Edy mengatakan, hal yang bisa diawasi salah satunya adalah mengenai penyerapan anggaran pemerintah daerah. Menurutnya, apabila hal tersebut selalu dipantau, maka penyerapan anggaran pemerintah dapat terealisasi dengan penuh. Sehingga perputaran uang di daerah dapat berjalan dan ekonomi dapat tumbuh dengan baik. 

"Anda bayangkan penyerapan APBD Ini berpengaruh terhadap inflasi, inflasi berpengaruh pada kesejahteraan masyarakat, khususnya upah minimum pekerja," ucap Edy Rahmayadi. 

Selain itu, kata Edy, mendorong Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga bisa dilakukan pers. Dengan cara mengawasi kinerja organisasi perangkat daerah (OPD) yang berkontribusi dalam menghasilkan PAD. Edy juga berharap pers senantiasa memberi masukan kepadanya mengenai pembangunan yang akan atau sedang berjalan. 

Diharapkan juga pers dapat terus menjadi mitra pemerintah dalam menyosialisasikan programnya. Antara lain, saat ini sedang dilakukan sosialiasi mengenai protokol kesehatan (Prokes)  agar pandemi Covid-19 terus   melandai. Apalagi jelang Natal dan Tahun Baru. 

"Diharapkan masyarakat tetap menjalanlan Prokes, agar ini (penularam Covid-19) terus tetap melandai, perlulah pers ini membantu, " ujar Edy. 

Sementara itu Ketua PWI Sumut yang baru terpilih Farianda Putra Sinik menyampaikan beberapa progam PWI Sumut ke depan. Salah satunya mengenai pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) wartawan Sumut. 

Farianda berharap Gubernur Edy Rahmayadi mendukung program tersebut, sehingga wartawan Sumut yang berada di bawah naungan PWI dapat memiliki keterampilan yang cakap dan bermartabat. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar