Kemenag Medan Terima Kunjungan Studi Banding Kanwil Kemenag Papua

KBRN Medan  Kementerian Agama Kota Medan menerima kunjungan Kanwil Kementerian Agama dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Papua dalam rangka Studi Banding Pengelolaan dan Pengembangan Kerukunan Umat Beragama di Kota Medan, Senin (29/11/2021).

Rombongan Kanwil Kemenag dan FKUB Provinsi Papua disambut langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Medan Dr.H.Impun Siregar, MA, Kasubbag Tata Usaha H. Untung Nasution, S.Ag,M.HI, Kepala Seksi dan Penyelenggara serta perwakilan FKUB Kota Medan.

Kakankemenag Kota Medan dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Kanwil Kemenag dan FKUB Provinsi Papua. “Merupakan suatu kebanggaan dan kebahagiaan mendapat kunjungan rombongan dari Kanwil Kemenag dan FKUB Provinsi Papua, semoga dengan kunjungan ini dapat meningkatkan silaturrahmi dan saling bertukar informasi terutama tentang menjaga kerukunan umat beragama,” ungkapnya.

Kakankemenag Kota Medan memaparkan bahwa Kota Medan merupakan kota yang heterogen yang terdiri dari berbagai macam agama, suku dan ras, namun kerukunan antar umat Bergama tetap terjaga dengan baik. Dengan keragaman tersebut masyarakat Kota Medan hidup berdampingan dengan rukun dengan menunjukkan toleransi dan saling menghargai.

Impun Siregar menyampaikan, kerukunan umat beragama di Kota medan terjaga dengan baik tidak terlepas dari kerjasama dan koordinasi yang baik antara Pemko, Kemenag dan FKUB Kota Medan yang selalu tanggap menghadapi konflik agama dan konflik sosial yang terjadi. “Setiap ada konflik agama dan konflik sosial yang muncul Pemerintah Kota Medan cepat tanggap untuk berkoordinasi dengan Kemenag dan FKUB Kota Medan untuk menangani konflik tersebut,” ungkapnya.

Kakankemenag Kota Medan mengatakan, berkat kebersamaan dan kekompakan tersebut Kota Medan menerima Harmony Award Tahun 2020 yang diserahkan oleh Kementerian Agama RI. Pencapaian ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak diantaranya pemeintah daerah, tokoh lintas agama dan komponen masyarakat.

Kepala Kanwil Kemenag Papua diwakili Kepala Bagian Tata Usaha Drs.H. Syamsudin, MM mengucapkan terima kasih atas sambutan yang hangat dari Kemenag Kota Medan semoga dengan kunjungan ini dapat mempererat tali silaturrahmi dan dapat terus merajut komunikasi terutama berbagi pengalaman tentang mengelola kerukunan umat beragama karena Provinsi Sumatera Utara terkenal dengan miniaturnya Indonesia.

Syamsudin berharap setelah kunjungan ini ada oleh-oleh yang dibawa pulang ke Papua terutama tentang pengelolaan dan pengembangan kerukunan umat beragama di Kota Medan yang nantinya akan diterapkan di Provinsi Papua.

Sementara itu Sekretaris FKUB Provinsi Papua PH. Pasaribu menyampaikan program dan kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka menciptakan kerukukan umat beragama di Provinsi Papua diantaranya, melakukan komunikasi dan dialog dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA), tokoh agama dan tokoh masyarakat yang dilaksanakan tiga bulan sekali.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar