Normalisasi Sungai Bedera Perlu Dilakukan Antardaerah Di Sumut

KBRN.Medan: Guru Besar Universitas Sumatera Utara (USU), Prof Dr Hamdani Harahap, MSi berpendapat normalisasi Sungai Bedera perlu didorong agar dapat dilakukan antardaerah di Sumatera Utara.

"Banjir adalah masalah antarkabupaten/kota di Sumut. Begitu juga masalah Sungai Bedera, selain mendorong wilayah lain seperti Deli Serdang ikut bersama melakukan normalisasi," terang Hamdani di Medan, Rabu (27/10(.

Ia mengaku, Pemkot Medan telah bertemu langsung Pemkab Deli Serdang dan sepakat bekerja sama dalam mengatasi berbagai permasalahan, terutama banjir di ibu kota Provinsi Sumut.

Selain itu, lanjut dia, juga harus berkoordinasi Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) II yang tentunya Wali Kota Medan memiliki kapasitas melobi baik kementerian maupun provinsi.

Seperti diketahui, Pemkot Medan berencana melebarkan Sungai Bedera menjadi delapan meter dari saat ini sekitar dua meter untuk mengatasi titik genangan air di wilayah Medan Sunggal dan Medan Helvetia.

Pemko Medan menganggarkan Rp35 miliar dari total yang diperkirakan menelan anggaran sebesar Rp58 miliar untuk pembebasan lahan di wilayah Kota Medan.

"Saya berharap banjir ini bukan saja masalah teknis di Sungai Bedera, tetapi menyangkut perilaku warga. Untuk itu saya mengajak peran serta masyarakat mengatasi banjir," kata Hamdani

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00