Capaian di Sumut Rendah, Panglima TNI dan Kapolri Jemput Bola Vaksinasi Pedagang Pasar Induk Medan

KBRN, Medan : Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta percepatan vaksinasi Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara, mengingat capaian vaksinasi Covid-19 di Sumut masih rendah, belum mencapai 30 persen. 

Menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo melakukan jemput bola dengan menggelar vaksinasi di beberapa titik di Sumatera Utara, salah satunya di Pasar Induk Laucih, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan, Jumat (17/9/2021).

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, vaksinasi di pasar induk ini sebagai upaya percepatan capaian vaksinasi di Kota Medan dengan menyasar para pedagang pasar sebagai pelaku ekonomi.  

“Tepat sekali vaksinasi dilakukan di sini karena kita dapat bertemu langsung dengan pelaku usaha di pasar induk ini, untuk bersama melaksanakan vaksinasi. Karena kita semua tahu bahwa pelaku usaha di pasar induk ini mulai pagi sudah berada di pasar dan pulangnya siang, sehingga kita jemput bola untuk bisa melaksanakan vaksinasi di sini,” ujarnya.

Ia mengatakan, dengan jemput bola itu, diharapkan target vaksinasi di Sumut, khususnya Kota Medan, dapat tercapai. Apalagi, baru 10 kabupaten/kota di Sumut yang capaian vaksinasinya sudah di atas 30 persen.

“Karena dari 33 kabupaten/kota di Sumut, 10 sudah masuk di atas 30 persen, bahkan ada yang 80 persen penyuntikan dosis pertama. Namun 23 kabupaten/kota perlu kita dorong untuk melakukan perpepatan supaya target mereka di atas  30 persen segera tercapai,” ungkapnya.

Dikatakan Panglima TNI, dengan kinerja yang baik antara TNI/Polri, Pemda, dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota, maka vaksinasi bisa dilaksanakan dengan baik.

“Ditambah antusias masyarakat untuk mau divaksin, termasuk didukung oleh tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, sehingga menjadikan pengendalian Covid-19, khususnya vaksinasi bisa  tercapai sesuai target yang kita inginkan bersama,” pungkasnya.

Sebelumnya Gubernur Sumut Edy Rahmayadi melaporkan kepada Presiden Jokowi bahwa saat ini realisasi vaksinasi dosis satu di Sumut sekitar 25,7 persen, vaksinasi dosis dua 15,9 persen dan realisasi vaksinasi dosis tiga 47,4 persen. 

Sementara Presiden Jokowi menyoroti beberapa daerah dengan tingkat vaksinasi yang masih rendah, yakni Kabupaten Labuhanbatu Utara (12,9 persen), Mandailing Natal (12,0 persen), Langkat (11,2 persen), Nias (11,8 persen), Nias Utara (8,3 persen) dan Nias Selatan (7,7 persen).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00