Tinjau Vaksinasi Door-to-Door di Deliserdang, Jokowi Ajak Masyarakat Ikut Vaksinasi dan Patuhi Prokes

KBRN, Deliserdang : Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) didampingi Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meninjau pelaksanaan vaksinasi massal door-to-door (dari pintu ke pintu) di Dusun Amal Bhakti, Desa Emplasmen Kualanamu, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deliserdang, Kamis (16/9/2021). Peninjauan ini untuk memastikan vaksinasi berjalan di seluruh daerah di Indonesia.

"Hari ini kita lakukan vaksinasi dari pintu ke pintu untuk masyarakat, untuk memastikan distribusi dan percepatan vaksin berjalan di seluruh provinsi, kabupaten/kota, di tanah air kita," ujar Jokowi, di sela-sela peninjauan vaksinasi tersebut.

Jokowi menuturkan, pelaksanaan vaksinasi dari rumah ke rumah tersebut merupakan bentuk pelayanan kepada masyarakat untuk mengajak warga ikut vaksinasi, dengan harapan langkah ini akan mempercepat vaksinasi. Dimana sebelumnya telah dilakukan oleh Rumah Sakit, Pemda, TNI/Polri, Puskesmas dan semua pihak.

"Kita ingin menyisir agar  seluruh masyarakat mendapatkan vaksin dan kita segera bisa terhindar dari penyebaran Covid-19," sebutnya.

Vaksinasi dari rumah ke rumah ini juga akan sangat memudahkan masyarakat untuk mengakses vaksin. Karena tingginya antusiasme warga untuk mendapatkan vaksin, sehingga pemerintah turun ke dusun-dusun.

"Ini juga akan memberikan perlindungan kepada masyarakat, sehingga nantinya masyarakat segera bisa beraktivitas, secara normal," tambahnya.

Namun menurut Jokowi, faktor kunci adalah protokol kesehatan (Prokes) serta vaksinasi. Karena itu dirinya mengajak masyarakat untuk terus taat, serta bisa segera menerima vaksin.

"Saya sangat menghargai antusias masyarakat di Deliserdang ini yang ikut vaksinasi door to door, kita harapkan akan mempercepat dan memperbanyak persentase vaksinasi yang ada di provinsi Sumatera Utara," pungkasnya.

Sementara Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyampaikan bahwa kunjungan Presiden RI ke Deliserdang merupakan bentuk dukungan penuh Pemerintah Pusat kepada daerah dalam rangka memaksimalkan dan mempercepat upaya vaksinasi kepada masyarakat. Selama ini, secara bertahap Pemerintah Provinsi (Pemprov) bersama unsur Forkopimda terus menggelar vaksinasi massal.

"Kita (sampaikan) terima kasih kepada Presiden RI, Bapak Joko Widodo sudah datang ke Sumatera Utara. Dengan perhatian ini, kita harapkan vaksinasi Covid-19 yang sudah berjalan selama ini, bisa semakin banyak jumlahnya, sesuai target setidaknya 70 % dari jumlah penduduk," ujar Edy Rahmayadi.

Menurut Gubernur, peninjauan tersebut juga bisa menjadi motivasi bagi seluruh masyarakat agar mendukung penuh program vaksinasi Covid-19 oleh pemerintah dalam menangani pandemi. Dengan begitu, angka penularan dapat terus ditekan serta melahirkan kekebalan kelompok atau herd immunity.

"Yang pasti setelah kita terus berupaya mengatasi pandemi, mari sama-sama kita doakan Sumatera Utara, Indonesia keluar dari kondisi pandemi Covid-19," pungkas Edy, yang selanjutnya turut bersama rombongan Presiden menuju titik lokasi kunjungan berikutnya, SMKN I Beringin dan Rumah Dinas Gubernur.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00