Budidaya Tanaman Kentang

KBRN.Medan: Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) diminta agar terus mendampingi dan membantu masyarakat dalam budidaya tanaman kentang ini. Demikian disampaikan Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Pakpak Bharat, Lukman Padang saat mengikuti tanam perdana kentang pengembangan holtikultura di lahan Kelompok Tani Sada Arih di Desa Lae Langge Namuseng, Kecamatan Sitellutali Urang Julu Kabupaten Pakpak Bharat, Minggu (01/8/2021).

"Apalagi ini masih tanam perdana, sehingga itu harapan kita kepada para PPL, terus melakukan pendampingan dan mengikuti petani dalam budidaya kentang ini, agar benar-benar berhasil, jadi bantuan yang diberikan pemrintah ini nantinya tidak sia-sia," kata Lukman.

Menurut Lukman, dalam hal ini KTNA dapat membantu dari pembentukan-pembentukan kelembagaannya.

"Mungkin kami dari KTNA bisa mendorong dari pembentukan-pembentukan kelembagaannya, baik itu dari kecamatan maupun desa, jadi kami bisa memberikan kontribusi dalam pembentukan kelembagaannya agar benar-kelompok tani ini kita fungsikan, tentunya dengan adanya bantuan dari pemerintah pusat, provinsi ataupun pemerintah daerah bisa kita manfaatkan dengan baik dan benar," kata Lukman yang juga anggota DPRD Pakpak Bharat ini.

Lukman tidak lupa meminta kepada bupati untuk menaikkan intensif para PPL. "Pada pertemuan sebelumnya juga sudah kita sampaikan hal ini. Apalagi kita ketahui bersama, PPL ini langsung turun ke masyarakat untuk membantu dan mndampingi masyarakat terkait masalah pertanian, itu makanya kita berharap kepada Bupati intensif para PPL dinaikkan nantinya dan pastinya PPL juga pasti lebih semangat turun kelapangan mendampingi masyarakat," ungkapnya.

Ia juga tidak lupa menekankan kepada masyarakat yang menerima bantuan stimulan dari Pemerintah Pusat, Provinsi ataupun Pemerintah Daerah supaya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

"Kita tekankan kembali kepada masyarakat, agar bantuan yang diterima dari pemerintah pusat dipergunakan dengan sebaik- baiknya, dimanfaatkan dengan benar-benar, agar setiap bantuan yang diberikan dapat terlihat hasilnya," pungkas Lukman. 

Bupati Pakpak Bharat usai melakukan penanaman bibit tanaman kentang tersebut meminta kepada Dinas Pertanian, camat dan kepada semua agar menggalakkan pertanian didaerah ini dan menyusaikan tanaman apa yang sesuai dengan kadar PH tanah didaerah ini (Lae Langge Namuseng).

Bupati mengakui tanaman kentang ini merupakan hal yang baru di Pakpak Bharat. Namun ia meminta kepada masyarakat juga agar memanfaatkan teknologi sebagai sarana bagaimana cara mengembangkan tanaman kentang tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00