Kesawan City Walk Langgar Prokes, Satgas Covid-19 : Cemana Kita Bilang

KBRN, Medan : Pusat kuliner Kesawan City Walk yang diresmikan Walikota Medan Bobby Afif Nasution akhir Maret lalu, menjadi perbincangan karena kerap melanggar protokol kesehatan. Selain menimbulkan kerumunan, jam operasional Kesawan City Walk juga melebihi batas waktu yang diatur dalam PPKM Mikro diatas pukul 22.00 WIB.

Menanggapi hal tersebut, Jubir Satgas Covid-19 Kota Medan, Mardohar Tambunan mengatakan bahwa pihaknya terus mengimbau agar pelaku UMKM di kawasan tersebut menjalankan protokol kesehatan dalam operasional. Namun kerumunan tetap terjadi dan susah dihindarkan.

“Selalu kita ingatkan itu tiap hari, tiap saat, dari mulai spanduk, pamplet, tempat cuci tangan semua, dari mulai petugas kita di situ. Tapi itulah masyarakat  kita, cemana mau dibilang,” ujarnya, Senin (19/4/2021).

Mardohar mengakui bahwa kegiatan di pusat kuliner seperti Kesawan City Walk akan menimbulkan kerumunan. Namun Satgas tidak memiliki hak untuk menjatuhkan sanksi berat. 

“Kita belum punya hak untuk mencambuk orang atau kita kita apakan lebih kasar, nggak tahu kita caranya bagaimana,” ungkapnya.

Menurutnya, tugas utama Satgas adalah menjalankan 3T (testing,tracing, treatmen). Namun untuk membatasi jumlah pengunjung, Satgas tidak memiliki kewenangan.

“Kalau mau dibatasi, ya gak laku lah jualan orang itu,” ujarnya. 

Terkait adanya tudingan tebang pilih dalam penertiban prokes di pusat kuliner lain di Medan, Mardohar tidak bisa memberi penjelasan.  

“Nah itu terserah lah. Itu coba tanya langsung lah sama Pak Walikota karena itu memang momentnya Pak Wali. Kita dari Satgas sudah setengah mati mengawasinya (prokes). Gak sangguplah kita tiap hari, mau sampai kapan,” ujarnya.

Diketahui pengembangan pusat kuliner Kesawan City Walk atau The Kitchen of Asia merupakan ide Walikota Medan Bobby Nasution. 

Menantu Presiden RI Joko Widodo ini menyulap kawasan kota tua Medan sebagai pusat kuliner dan budaya untuk menarik minat wisatawan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00