TikTok Berusaha Yakinkan Para Senator untuk Penuhi Perlindungan Data Pengguna di AS

TikTok pastikan keamanan data pengguna di AS.(foto; twitter @tiktokus_

KBRN, Medan: Situs media sosial milik China TikTok mengatakan kepada para senator AS bahwa mereka sedang mengerjakan kesepakatan akhir dengan Administrasi Biden yang akan sepenuhnya melindungi data pengguna dan kepentingan keamanan nasional AS. Hal ini tertuang dalam surat pernyataan TikTok yang dilihat oleh Reuters, Jumat, (1/7/2022).

Sebelumnya surat tertanggal Kamis, 30 Juni ini muncul sebagai tanggapan atas pertanyaan yang diajukan dalam surat 27 Juni oleh beberapa senator, termasuk senator Partai Republik, Marsha Blackburn dan Ted Cruz.

TikTok, yang dimiliki oleh konglomerat teknologi asal China, ByteDance, adalah salah satu aplikasi media sosial paling populer di dunia. Kini TikTok memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif di seluruh dunia. Mereka menganggap Amerika Serikat sebagai pasar terbesarnya.

Kepala Eksekutif TikTok, Shou Zi Chew, mengatakan kepada para senator dalam surat itu bahwa aplikasi video pendek bekerja dengan Oracle Corp untuk kontrol keamanan data canggih baru yang kami harap dapat diselesaikan dalam waktu dekat.

Bulan lalu, TikTok mengatakan telah menyelesaikan migrasi informasi pengguna dari AS ke server di Oracle tetapi masih menggunakan pusat data AS dan Singapura untuk cadangan.

Surat TikTok mengakui bahwa karyawan yang berbasis di China dapat memiliki akses ke data pengguna TikTok AS yang tunduk pada serangkaian kontrol keamanan siber yang kuat dan protokol persetujuan otorisasi yang diawasi oleh tim keamanan kami yang berbasis di AS.

"Untuk menghapus data yang dilindungi pengguna AS dari sistem kami sendiri dan sepenuhnya berporos ke server cloud Oracle yang berlokasi di AS," isi surat tersebut, dikutip dari Reuters, Minggu (3/7/2022).

TikTok berusaha untuk membangun kapasitas teknik yang berbasis di AS untuk lebih mengurangi kebutuhan akses data di seluruh wilayah, tambah juru bicara itu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar