Mengenang Rima Melati Sosok Multitalenta, Layak Jadi Contoh bagi Semua

Potret Rima Melati (Instagram/@stevenpie7erszmaatit4)

KBRN, Medan : Setelah dirawat beberapa lama di RSPI Bintaro, Tangerang Selatan dan dirujuk ke RSPAD Gatot Soebroto Jakarta Pusat, akhirnya bintang film Rima Melati menghembuskan nafas yang terakhir pada Kamis (23/6/2022) petang.

Ia adalah sosok aktris multitalenta dan produktif. Banyak karya yang sudah dihasilkannya sejak belia hingga usianya senja.  

 "Kita kehilangan salah seorang aktris multitalenta. Saya dapat kabar soal meninggalnya Mbak Rima Melati dari Mbak Widyawati Sophiaan yang menghubungi saya tadi. Ia menghembuskan nafas terakhir di RSPAD Gatot Soebroto Kamis, 23 Juni 2022 pukul 15.25 WIB," ujar wartawan senior Ilham Bintang, dikutip VOI, Jumat (24/6/2022).

 Menurut Ilham Bintang, sosok Rima Melati yang multitalenta dan produktif dalam berkarya ini bisa menjadi contoh bagi semua orang.  Ia tak hanya yang berkutat di dunia seni, tapi juga bisnis kuliner dan sosial.

Satu lagi yang  menjadi catatan dari  Ilham Bintang, sosok Rima Melati adalah yang pandai menjaga keberlanjutan kariernya di jagat entertainment sehingga ia terus eksis sampai usianya tak muda lagi.  Soalnya ada pekerja seni yang muncul dan melambung namun dalam sekejap, lalu tenggelam dan hilang juga dalam sekejap dan kemudian seperti ditelan bumi. 

Rima Melati, lanjut Ilham tidak demikian, dia begitu cerdik memainkan perannya sebagai seorang aktris. Sehingga ia bisa terus terpakai dari era Bung Karno berkuasa, era Soeharto, SBY dan kini Presiden Jokowi. Dalam setiap masa dan penguasa yang silih berganti itu dia selalu hadir dalam dalam karya baik sebagai peragawati, penyanyi dan yang paling kondang sebagai bintang film layar lebar.

 Perempuan bernama lengkap Marjolien Tambajong yang lahir di Tondano Sulawesi Utara, 22 Agustus 1939 sudah membintangi sejumlah film seperti Kasih Tak Sampai, Intan Berduri, Noda Tak Berampun, UngU Violet dan sebagainya. Dalam catatan VOI, Lebih dari 30 judul film sudah ia bintangi.

Ia juga memenangkan Piala Citra untuk Pemeran Utama di ajang Festival Film Indonesia pada tahun 1973 lewat film Intan Berduri. Rima juga meraih predikat sebagai Best Supporting Actries lewat film Ungu Violet di ajang Festival Film Asia-Pasifik tahun 2005. 

 Di dunia kuliner, Rima Melati bersama mendiang suaminya aktor Frans Tumbuan (mereka menikah pada 1973 dan Frans tutup usia tahun 2015) juga layak dicatat. Jaya Pub dan La Bodega adalah jejak yang tak terbantahkan bagi keduanya di dunia kuliner dan hiburan. Dua tempat ini di masa kejayaannya menjadi tempat hang-out dan bersantap kalangan yang suka dengan hiburan dan kuliner.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar