Pisah Sambut Direktur Tourism Malaysia di Medan, Hishamuddin: Industri Wisata Kedua Negara Mulai Bergeliat Pasca Pandemi

KBRN, Medan: Dibukanya kembali perbatasan pintu masuk antara Indonesia dan Malaysia panca Pandemi Covid -19 yang terjadi selama kurun 2 tahun lamanya, membuat gairah industri wisata di kedua negara tersebut mulai bergeliat. Hal ini tentu mendorong bangunnya kembali jumlah kunjungan wisatawan baik dari negara Indonesia ke Malaysia, maupun sebaliknya yang sempat menurun akibat pandemi.

Hal tersebut dikatakan, Hishamuddin Mustafa pada kegiatan pisah sambut direktur Tourism Malaysia di Medan, dari Hishamuddin kepada Yusnita Yusuf di Medan, Senin (27/6/2022). Menurut Hishamuddin, dibukanya kembali jalur perhubungan laut dan udara mendorong peningkatan jumlah pelancong antar kedua negara pada 2022.

“Ini hari terakhir saya menjabat sebagai direktur Tourism Malaysia di Medan selama hampir 3 tahun. Alhamdulillah, setelah dua tahun pandemi, saat ini perbatasan di Malaysia telah dibuka. Saya lihat industri wisata di Indonesia dan Malaysia sudah mulai bergeliat. Apalagi perbatasan kedua negara telah dibuka, penerbangan maskapai telah terbang dari Medan Kuala lumpur dank e Penang,” ujar Hishamuddin.

Hishamuddin mengatakan selama tiga tahun menjabat sebagai direktur Tourism Malaysia di Medan, peran serta semua pihak sangat besar dalam mempromosikan wisata Malaysia kepada masyarakat Indonesia. Termasuk peran media sangat penting dalam meningkatkan jumlah pelancong yang hendak ke Malaysia.

“Terima kasih atas partisipasi kepada media di Medan yang telah membantu promosi wisata Malaysia di Medan. Kalau kita lihat jumlah liputan yang kita dapat selama 3 tahun lebih dari 600 news yang memberikan liputan promosi Malaysia selama pandemi Covid -19,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Tourism Malaysia di Medan yang baru, Yusnita Yusuf mengatakan, pasca dibukanya pintu masuk kedua negara, pihaknya telah merencanakan program promosi guna meningkatkan kembali hubungan pelancongan. Salah satunya melakukan road show dari Medan ke Malaysia.

“Sekarang ini kita masih belum ada target jumlah pelancong, namun untuk ke depan kita selalu coba membaik pulih dulu setelah 2 tahun dalam situasi Covid -19. Kita akan meningkatkan kembali hubungan pelancongan kedua negara. Ktia akan buat roadshow dari Medan ke Malaysia,” jelas Yusnita.

Sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah pelancong ke Malaysia, pihak tourism Malaysia akan terus menjalin kerja sama lanjutan dengan sejumlah pihak, termasuk dari agen perjalanan, perhotelan, hingga pengusaha Indonesia dalam hal membantu untuk ajang promosi. “Kita akan meneruskan kerja sama yang ada sekarang dan perkuat lagi hubungan. Mulai dari agensi perjalanan dan maskapai penerbangan. Promosi melalui medical, student, shopping dan sesuai dengan minat warga kota Medan,” katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar