Istana Maimun sebagai Bukti Berjaya Medan di Masa Lampau

Istana Maimun

KBRN, Medan : Istana Maimun menjadi salah satu ikon Kota Medan sehingga menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung melihat tradisi dan peninggalan Kerajaan Deli yang sudah ada dari ratusan tahun lalu.

Pantauan rri.co.id, Minggu (16/1/2022), banyak wisatawan yang menghabiskan waktu libur bersama keluarga untuk bersantai di Istana Maimun.

Para wisatawan terlihat hanya menghabiskan waktu untuk duduk bersama keluarga di halaman luar Istana Maimun untuk bermain bersama buah hati mereka.

Tidak hanya menjadi tempat wisata favorit bagi keluarga saja, tetapi Istana Maimun sebagai bukti berjayanya Kota Medan di masa lampau.

Istana Maimun selesai dibangun pada tahun 1888 pada era Sultan Makmun Al-Rasyid Perkasa Alamsyah dari Kerajaan Deli. Istana ini berada di di Jalan Brigadir Jenderal Katamso, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun, Sumatra Utara.

Megahnya Istana Maimun tidak hanya dilihat dari seberapa besar ukuran bangunannya, melainkan juga dilihat dari gaya arsitektur yang memadukan gaya Eropa, Melayu dan Islam. Mulai dari ruang tamu, pintu, jendela dan prasasti di depan tangga yang bergaya Eropa atau Belanda yang bercirikan lebar dan tinggi.

Atap yang melengkung atau berbentuk perahu terbalik yang bercirikan gaya Timur Tengah atau islam ini disebut juga dengan lengkungan Persia. Istana yang didominasi warna kuning dan putih ini juga masih menyimpan peninggalan benda atau peralatan kerajaan, seperti meja, kursi, sofa, lemari, prasmanan dan lampu gantung kristal.

Selain itu bangunan istana ini terdiri dari 3 bangunan yang menyatu, yaitu istananya sendiri, sebuah lapangan dan masjid. Keberadaan masjid ini juga menandakan Istana Maimun tidak hanya memiliki daya tarik sejarah dan budaya melainkan juga wisata religi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar