Status Lapangan Merdeka Medan Belum final,Gubsu Bantu Rp 100 M

KBRN,Medan: Lapangan Merdeka Medan akan direvitalisasi  mengembalikan fungsinya sebagai cagar budaya yang diperkirakan menghabiskan  anggaran sebesar Rp 174 miliar.

Hal itu dikemukakan  Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Medan, Benny Iskandar dihadapan Wali Kota Medan Bobby Nasution dan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat rapat koordinasi di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara, Jalan Sudirman, hari ini,Senin 20/9/21.

Dikatakan, revitalisasi lapangan Merdeka Medan  sudah menjadi  komitmen Pemkot Medan mengembalikan fungsi Lapangan Merdeka sebagai cagar budaya dan ruang terbuka hijau (RTH).

“Untuk revitalisasi Lapangan Merdeka menjadi lebih bagus, dibutuhkan anggaran sebesar Rp 174 miliar,” kata Benny Iskandar `

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi dalam rakor itu dengan jelas  mendukung rencana revitalisasi Lapangan Merdeka  untuk dikembalikan sebagai cagar budaya dan RTH.

Gubsu Edy dalam rakor itu  memerintahkan Kepala Bappeda Sumut untuk membantu memberikan dana sekitar Rp100 miliar untuk revitalisasi Lapangan Merdeka.

Walikota Medan Bobby Nasution merespon bantuan gubernur mengatakan, akhir tahun ini akan dilakukan tender sehingga awal Januari 2022 pelaksanaan revitalisasi Lapangan Merdeka dapat dilaksanakan.

 “ Dengan adanya bantuan dari Pemprovsu akan lebih baik dan mempercepat pelaksanaan revitalisasi lapangana Merdeka,” kata Bobby

Terkait dengan penetapan lapangan Merdeka Medan oleh PN Medan sebagai cagar budaya, hingga saat ini belum memperoleh keputusan final, karena Pemko Medan mengajukan banding terkait dengan putusan  PN Medan yg menetapkannya sebagai cagar budaya.

Dari sisi legislasi,anggota DPRD Medan yang tergabung di Panitia Khusus revisi Perda Rencana Tata Ruang Wilayah Tahun 2021- 2031 sudah menyepakati  lapangan Merdeka Medan sebagai cagar budaya yang nantinya dimasukkan kedalam salah satu Pasal Perda yang akan disahkan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00