400 Pekerja dan Pelaku UMKM Terdampak PPKM Level 4

KBRN, Medan: Ratusan pedagang dan pekerja di sekitar istana Maimoon kota Medan, harus menganggur, selama pemerintah kota menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat -PPKM- level 4, sejak 26 Juli lalu. Akibatnya, ratusan pekerja dan pelaku UMKM di sekitar objek wisata Istana Maimoon terhenti penghasilannya. 

Ketua Yayasan Sultan Ma'mun Al Rasyid, Tengku Reizan Ivansyah mengatakan, akibat penutupan objek wisata dan cagar budaya kesultanan deli, Istana Maimoon ini, setidaknya ada 400 warga terdampak. Mereka adalah para keluarga ahli waris dan ratusan pedagang UMKM di sekitar komplek Istana Maimoon, yang menggantungkan penghasilan sehari - hari berjualan di area Istana. 

"Ada 300 ahli waris yang terdampak dan 100 orang adalah pekerja," ucap Reizan, Minggu (1/8/2021).

Tidak hanya berdampak bagi pekerja dan pedagang UMKM, penutupan istana Maimoon juga menurunkan angka kunjungan wisatawan. Diakui Reizan, sebelum pemberlakuan PPKM level 4, setidaknya 100 hingga 200 pengunjung ramai datang ke istana. Bahkan, sebelum pandemi Covid -19, kunjungan wisatawan ke istana Maimoon mencapai 3 ribu/hari. 

Lebih lanjut dikatakan Reizan, sampai saat ini pihak Yayasan tetap menghornati putusan pemerintah yang mengintruksikan seluruh objek wisata ditutup sementara dengan pemberlakukan PPKM Level 4 ini. Namun, pihaknya berharap agar kebijakan ini tidak diperpanjang, karena menyangkut penghasilan para tenaga kerja dan pedagang UMKM di sekitar istana Maimoon.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00