Antusiasme Warga Melihat Sirkuit Mandalika Tinggi

KRBN, Mataram: Antusiasme warga melihat langsung Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika di Kuta, Lombok Tengah, menjadi perbincangan yang hangat di tengah masyarakat. Meski pelombaan balap motor World Superbike 2021 belum dimulai, antusias tersebut sudah terlihat sejak perhelatan Idemitsu Asia Talent Cup 2021. Beberapa tur pun terlihat dilakukan berbagai grup dengan menggunakan kendaraan besar. Berbagai grup tampak tertarik dengan aktivitas yang ada di dalam halaman parkir sirkuit, dan merasa puas walau hanya sekadar untuk berfoto di pintu masuk sirkuit.

Praktisi kepariwisataan di Mataram Lalu Abdul Had Faisal mengatakan, hasil pengamatan pada Asia Talent Cup 2021, dapat dihitung jumlah tempat duduk di Sirkuit Mandalika mencapai 50 ribu tempat duduk, dan 130 ribu untuk posisi berdiri dan 7.700 tempat duduk Very Important Person. Analisa tersebut menyebabkan Mandalika menjadi pusat perhatian warga untuk dikunjungi. Dan, hal tersebut pula berdampak pada tingginya angka lalu lintas ke Mandalika.

"Pemerintah dapat mendorong masyarakat agar memiliki ide baru di WSBK 2021, sehingga konsentrasi tak hanya terpusat pada Sirkuit Mandalika. Akan tetapi, mampu menciptakan pernak-pernik bertema sirkuit  agar dampak ekonomi terus bermunculan," kata Hadi kepada rri.co.id, Kamis (18/11/2021). 

Hadi menyatakan area Kuta di bagian barat yang sebelumnya menjadi lokasi kunjungan masyarakat, kini berpindah ke sebelah timur. Situasi itu setelah PT Pengembangan Pariwisaya Indonesia  ITDC membangun Kuta. Area ini menjadi potensial untuk dikembangkan sebagai pusat ekonomi masyarakat dengan menjual pernak-pernik seputar Sikuit Mandalika.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar