Produk UMKM Binaan ITDC masuk E- Catalog Gernas BBI

KBRN, Lombok Tengah : Salah satu  produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mitra binaan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia yaitu Kelompok Wanita Tani kaki Rinjani terpilih sebagai UMKM yang bisa menampilkan produknya sebagai produk unggulan NTB dalam acara Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 Eksostisme Lombok yang berlangsung Rabu (3/3) kemarin di Kuta Mandalika.

Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro mengatakan, produk yang lolos tersebut berupa produk kopi dari Desa Karang Sidemen Batu Kliang Utara yang telah menjadi mitra binaan perusahaan sejak tahun 2019. Kelompok Wanita Tani Kaki Rinjani ini telah menerima bantuan permodalan dan berbagai pelatihan elalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan PT Indoensia Tourism Deploment Coorperation (ITCD) termasuk pelatihan pemasaran.

"Kita punya 3 binaan dan hanya satu yang masuk kategori. Karena ada 3 syarat yakni berkualitas premium, potensi ekspor dan kemampuan untuk bisa penjualannya digitalisasi," jelas Bram. 

Ia mengungkapkan, keberhasilan mitra binaan ini menjadi bukti komitmen dan dukungan pihaknya dalam mendorong eksistensi dan kemajuan UMKM lokal di NTB untuk menghasilkan produk-produk bermutu dan unggul di pasar lokal dan domestik.

Selain masuk pada e-catalog KKI produk UMKM NTB, Kopi ini sebelumnya juga sudah dipasarkan di luar NTB maupun luar negeri seperi di Yogyakarta hingga Negara Malaysia. Selain itu, kopi ini juga sudah tersedia di beberapa platform e-commerce seperti Shopee dan Bukalapak.

"Sudah sampai liar negeri. Bahkan di platform e commerce juga sudah masuk," tutup Bram.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00