Pasar Seni dan Kuliner Banteng, Mangkrak

Pasar Seni (Foto RRI)

KBRN, Lombok Barat : Bangunan Pasar Seni dan Kuliner Lapangan Banteng areal Pure Lingsar, Kecamatan Lingsar,  Kabupaten Lombok Barat mangkrak sejak 6 tahun lalu.

Pasar tersebut  belum pernah ditempati sejak tahun 2016 dan luput dari perhatian pihak terkait.

Camat Lingsar Marzuqi mengatakan awalnya pasar akan di fungsikan sebagai destinasi wisata yang akan menampung hasil kreasi dan olahan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), namun sampai saat ini belum terealisasi.

"Persoalannya faktor lokasi ini masih sepi belum ramai, sehingga para pedagang masih belum mau menempati. Sampai   pada  tahun 2019, Indonesia dilanda   Pandemi Covid-19, sehingga menyebabkan bangunan Pasar Seni dan Kuliner kembali mangkrak.

“Pemanfaatan  Pasar Seni dan Kuliner Banteng ini sudah diserahkan kepihak Desa Lingsar, tetapi karena masih pengaruh   pandemi   Covid-19 belum ada perubahan,” beber Camat Lingsar Marzuqi, Senin (23/05).

Menurutnya pandemic covid-19 berdampak sangat luar biasa terkait dengan anggaran desa.

Marzuqi menegaskan sejak satu minggu yang lalu, pihaknya berusaha mencoba memanfaatkan kembali pasar kuliner ini dengan membuka lapak-lapak untuk para pedagang. Tetapi para pedagang belum mau memulai, dengan alasan persoalan dana.

Ia  menyatakan  rencananya Pasar Seni dan Kuliner Lapangan Banteng yang  dibangun  senilai 3,1 Milyar rupiah kedepannya bisa menjadi pusat kota.  Sebagai tempat menggeliatkan ekonomi masyarakat sekitar.(RM/Joe)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar