IWAPI NTB Siapkan Fasilitas Belanja Digital di Pasar Mandalika

KBRN, Mataram : Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyiapkan fasilitas digital untuk berbelanja kebutuhan pangan di pasar mandalika kota mataram. Artinya masyarakat dengan mudah membeli kebutuhan pangan melalui online di pasar induk tersebut.

Ketua DPD IWAPI NTB, Baiq Diyah Ratu Ganefi di Mataram, Rabu (26/1/2022) mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan aplikasi PasarMandalika untuk berbelanja di pasar mandalika. Aplikasi tersebut dapat di download melalui PlayStore.

"Jadi IWAPI ingin kenalkan fresh mart, kenapa ini karena kita melihat bahwa selama pandemi ibu ibu tidak lagi leluasa kepasar, kami jadikan ini digital, jadi cukup belanja di mandalika melalui HP saja," kata Ganefi.

Menurutnya, penjualan kebutuhan pangan secara digital ini menjadi sebuah keharusan ditengah perkembangan digital belakangan ini. Apalagi dimasa pandemi saat ini, digitalisasi menjadi solusi untuk menghindari masyarakat dari potensi penularan covid 19.

Fresh mart ini menjadi program unggulan IWAPI NTB ditahun 2022, sebagai bentuk dukungan pengusaha wanita terhadap kemajuan UMKM, termasuk bagi kalangan petani secara langsung. Apalagi, produk yang dijual melalui platfom tersebut merupakan 100 persen produk lokal dari petani dan peternak.

Melalui program ini kata Ganefi juga bisa membantu petani dan peternak memasarkan produknya. Bahkan kehadiran fresh mart juga dapat membantu petani menjaga pola tanamnya sehingga apapun yang ditanam dapat dipasarkan dengan mudah.

"Petani semakin semangat, pola tanam petani juga terbantu, misalnya kapan dia harus tanam cabai, kangkung dan komoditas lainnya itu bisa disesuaikan. Seluruh yang dijual di pasar mandalika itu kan produk pertanian disini," ungkap Ganefi.

Sementara itu, Koordinator IWAPI Fresh Mart Ida Alfafa menambahkan, beragam jenis produk yang dijual melalui aplikasi tersebut. Mulai dari sayur mayur, buah-buahan, daging, bumbu dapur, hingga paket menu bulanan yang bisa dipesan secara online.

"Sekarang misalnya dari 750 ribu sebulan, kan ndak cukup kalau beli langsung, tapi melalui paket menu kita bisa siapkan untuk kebutuhan sebulan, jadi ini membantu mengatur keuangan dapur," katanya.

Pihaknya juga menjamin seluruh produk yang dipesan benar-benar fresh, karena dibeli langsung dari petani peternak. Bahkan Iwapi fresh mart memberlakukan 3 kali pengiriman untuk menjaga pangan yang dipesan tetap fresh.

"Iwapi sudah berfikir bahwa ibu ibu membeli ke pasar mandalika secara digital, kita punya paket paket yang ditawarkan ke pelanggan setiap bulannya, kami siapkan menu menunya. Untuk saat ini kami geratiskan biaya ongkir untuk kota mataram dan lombok barat," kata Idha.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar