Air Terjun Benang Stokel Tetapkan Aturan Baru Bagi Wisatawan

KBRN Lombok Tengah : Mulai 17 Agustus 2022, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Benang Stokel (Benstol) menetapkan satu kebijakan atau aturan bagi para wisatawan.

Wisatawan diminta untuk tidak berpakaian seksi-seksi saat mandi di Air Terjun yang ada Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah.

Beberapa air terjun yang menjadi primadona wisatawan lokal maupun mancanegara di Desa Aik Berik adalah Air Terjun Benang Kelambu dan Benang Stokel.

Ketua Pokdarwis Benstol CBT Rodian Fahlepi mengatakan, wisatawan yang hendak mandi menggunakan bikini maka harus menutup tubuhnya dengan kain sebagai kemben.

"Istilah Sasak, kami sebut bebonjan. Mereka yang mandi dengan pakaian terbuka tidak diperbolehkan dan harus bebonjan," katanya.

Aturan tersebut dikeluarkan pihaknya bertepatan dengan perayaan HUT RI yang ke-77 di wisata Air Terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu.

Aturan itu, lanjut Rodian, merupakan salah satu bentuk kepeduliannya dalam menjaga kelestarian budaya dan kearifan lokal.

"Bebonjan atau menggunakan kain bagi perempuan saat mandi di air terjun itu diberlakukan kepada semua wisatawan, baik lokal maupun bule," ujarnya.

Ditegaskan kembali, larangan tidak menggunakan bikini saat mandi di air terjun untuk menjaga adat kesopanan masyarakat sekitar.

"Agar kearifan lokal tidak tergerus dampak negatif perkembangan pariwisata maka kami membuat kebijakan itu," jelasnya.

Untuk menjaga kenyamanan wisatawan, pihak pengelola telah menyediakan kain untuk digunakan saat mandi. 

Jenis kainnya sama seperti yang digunakan oleh orang-orang dahulu pada saat kerajaan kuno ketika mandi di sungai atau tempat terbuka.

Rodian berharap dengan adanya aturan itu, kearifan lokal yang telah diturunkan oleh nenek moyangnya itu bisa tetap terjaga di era saat ini.

"Tujuan kami untuk menjaga budaya dan kearifan lokal di tengah kemajuan zaman dan menggeliatnya pariwisata di era digital," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar