Mendung Warnai Detik-detik Proklamasi

Syarifah Nabilah Putri., saat menerima benderq untuk dikibarkan dalqm perngatan detik-detik proklamasi dari Bupati Dompu, H A Kader Jaelani. Nabilq, merupakan putri dari Bupati Dompujpg

KBRN, Dompu : Peringatan Detik-detik Proklamasi di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, syahdu. Mendung pekat yang sejak pagi, menyelimuti sebagian wilayah Kabupaten Dompu, termasuk di lapangan Beringin, Komplek K8n 4b antor Bupati Dompu, tidak menyurutkan semangat peserta upacara.

Dengan balutan pakaian adat, peserta upacara yang datang sejak pukul 07.00 wita, semakin menambah kekhitmatan upacara. Tidak hanya dari ASN dan peserta dari sekolah serta ormas dan OPK, peserta dari TNI Polri pun, meski menggunakan seragam kebesaran masing-masing, namun kesan pakaian adat Dompu, yakni balutan "Tembe Ngholi" menjadi ornamen peserta upacara dari TNI Polri.

"Penggunaan pakaian adat ini, memang intruksi dari pusat," kata Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Setda Dompu, A Halik, Rabu (17/8/2022).

Tidak hanya pakaian adat Dompu, peserta dan undangan juga teihat banyak menggunakan pakaian adat nusantara. Penggunaan pakaian adat berbagai macam suku dan daerah ini, kata Halik, menunjukkan kebhenekaan Indonesia.

Dompu, kata Halik, tidak hanya di huni oleh suku Dompu dan Mbojo, namun berbagai suku hidup rukun di Kabupaten Dompu. Kerukunan ini, lanjut Halik, terajut tidak hanya saat Dompu, sudah bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) namun terajut sejak daerah ini, masih berbentuk kesultanan.

"Tema ini, sangat cocok dengan kondisi Dompu, sebab, Dompu memang merupakan daerah dengan toleransi yang tinggi," katanya.

Sementara itu, pemegang baki saat upacara pengibaran bendera merah putih, dipercayakan kepada Syarifah Nabilah Putri. Siswa SMKN 1 Dompu ini, merupakan putri dari H Abdul Kader Jaelani dan Lilis Suryani. Untuk pembawa baki saat penurunan bendera, dipercayakan kepada Cahyati Indah Raya. Putri dari A Malik dan Ramlah ini, tercatat sebagai siswa SMAN 1 Dompu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar