Perpendek Pelayanan Adminduk

Ilustrasi e-KTP.jpg

KBRN, Dompu : Pemerintah Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, akan mengembalikan fungsi camat sebagai perwakilan Pemerintah Kabupaten. Tidak hanya kebijakan soal rekomendasi pencairan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa, fungsi kecamatan akan ditingkatkan.

Bupati Dompu, H Kader Jaelani dalam waktu dekat, juga akan melakukan terobosan kebijakan baru, dalam pendekatan pelayanan kepada masyarakat. Dalam waktu dekat, untuk pengurusan adminduk, akan dilajukan di kantor kecamatan, untuk memangkas biaya warga.

"Banyak warga kita, terutama yang di kecamatan terjauh, belum memiliki KTP. Ini yang akqn kitq genjot," katanya, Kamis (11/8/2022).

Administrasi Kependudukan (Adminduk), sebagai syarat wajib di beberapa kecamatan, tidak dipenuhi masyarakat. Mahalnya biaya transportasi pengurusan Adminduk, bagi kecamatan-kecamatan terjauh seperti Pekat, Kilo dan Hu'u, menjadi kendala tidak adminduk bagi warga.

Untuk mengurus adminduk bagi kecamatan-kecamatan ini, dibutuhkan biaya R. 100 hingga Rp.300 ribu. Biaya itu untuk transportasi dan bahkan penginapan bagi kecamatan seperti Kilo dan Pekat. Jika harus diuruskan oleh oknum pegawai desa, anggarannya bisa dibayar setengah dari biaya tersebut.

"Meski menjadi kewenangan Kecamatan, namun khusus untuk mencetak e-KTP, tetap dilakukan di Dinas Dukcapil," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar