Verifikasi Adminsitrasi dan Faktual Parpol Dilakukan KPU RI

Ady Supriadin

KBRN, Bima : Berbeda dengan penyelenggaraan Pemilu sebelumnya, pada Pemilu 2024, proses  pendaftaran, verifikasi administrasi dan faktual semua dilakukan oleh KPU RI. Pemilu sebelumnya, KPU Provinsi/Kabupaten/Kota melakukan verifikasi langsung.

Ketua Devisi SDM dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) KPU Kabupaten Bima, Ady Supriadin mengatakan, adapun KPU/Kabupaten hanya mendapatkan delegasi, jika ada temuan yang dilakukan oleh KPU RI. Apakah ada hal yang harus diklarifikasi di daerah, maka akan disampaikan ke penyelenggara daerah.

Nantinya, KPU Kabupaten/Kota akan menghubungi penghubung atau LO Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2024 untuk klarifikasi berdasatkan dokumen yang diturunkan melalui sistem informasi partai politik (SIPOL).

Ditambahkannya, KPU daerah juga akan mendatangi kantor Parpol dan mengecek administrasi keanggotaan. “Verifikasi kepengurusan ini untuk membuktikan kebenaran ketua, sekrataris dan bendahara,” ujarnya, Kamis.

Sementara itu, Ketua Devisi SDM dan Parmas KPU Kota Bima, Yeti Safriati menambahkan, yang dilakukan pihaknya membantu KPU RI melakukan verifikasi keanggotaan Parpol di tingkat daerah. “KPU Kabupaten/Kota melakukan verifikasi kepengurusan parpol di tingkat daerah,” ujarnya.

Meski demikian, KPU Kabupaten/Kota tetap membuka layanan konsultasi bagi Parpol di daerah untuk kebutuhan administrasi, jika nanti ada yang harus diklarifikasi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar