Kenalkan Kearifan Lokal, OK OCE Wonderful NTB Gelar Fashion Week di CFD Udayana

Wonderful NTB Fashion Week di area Car Free Day, jalan Udayana Mataram.jpeg
Para model Wonderful NTB Fashion Week bersama Designer ASAL.jpeg

KBRN, Mataram: OK Oce Wonderful Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar Wonderful NTB Fashion Week di area hari bebas berkendara atau Car Free Day, jalan Udayana, Mataram Minggu (7/8/2022). Kegiatan tersebut digagas oleh Alumni Wirausaha Digital Mandiri 2021 (Widuri) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Salah satu penggerak OK Oce Wonderful NTB Henda Apriyan menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk mengangkat sekaligus mempromosikan kearifan lokal budaya NTB. Mulai dari busana khususnya tenun, hasil kriya seperti mutiara, produk UMKM dan kuliner hingga kesenian NTB.

“Jadi visi misi utamanya mengangkat kearifan lokal budaya NTB melalui karya seperti fashion yang diaplikasin dari kombinasi tenun. Kemudian kriya dengan mengenalkan mutiara-mutiara terbaik di NTB, selanjutnya music-musik mengangkat seni-seni di NTB,” jelasnya.

“Fashion show dengan nuansa busana kekinian dengan misi mengangkat kearifan tenun khas NTB,” imbuhnya.

Beberapa produk ekraf juga turut meramaikan kegiatan Wonderful NTB Fashion Week diantaranya Kinasih Gallery, SEKARIDU, Uniwis, Oktina Mutiara Jewerly, Kedai Guerame, dan Roti Sere.

“Penamilan perdana ini semua yang tampil Alumni Widuri 2021. Ini murni Wonderful NTB melalui kreativitas fashion,” kata Henda.

Dalam kegiatan tersebut OK Oce Wonderful NTB juga membuka pojok konseling psikolog dengan melibatkan tim Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Mutiara Sukma yang membuka stand dan langsung melayani konsultasi masyarakat yang hadir.  

“Jadi dalam satu kegiatan kita bisa melakukan banyak hal untuk mempromosikan berbagai seni dan budaya kearifan lokal hasil karya UMKM NTB,” ujarnya. 

Henda mengatakan, kegiatan ini disambut positif oleh masyarakat NTB pada umumnya dan masyarakat Kota Mataram khususnya yang hadir di CFD Udayana. “Alhamdulillah karena bertepatan dengan CFD antusias masyarakat sangat tinggi terutama untuk menyaksikan fashion shownya,” katanya.

Tingginya antusias masyarakat, kegiatan ini direncanakan akan digelar secara rutin di tempat yang sama. Harapannya, melalui event-event seperti ini dapat memeberikan sentuhan sekaligus awernes kepada masyarakat NTB terhadap kearipan lokal dan budaya.

“Haraan kami masyarakat mengenal dulu dan insya Alllah akan kami regulerkan jadwal kegiatannya. Tapi tidak dalam waktu dekat tapi akan menjadi wacana dan bisa bekerjasama dengan teman-teman yang lain seperti designer fashion,” harapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar