Fashion Week Ala Citayam Hadir di Mataram

Wonderful NTB Fashion Week di arae CFD Udayana Mataram .jpeg
Wonderful NTB Fashion Week di arae CFD Udayana Mataram .jpeg
Wonderful NTB Fashion Week di arae CFD Udayana Mataram .jpeg
Para model Wonderful NTB Fashion Week bersama Designer ASAL .jpeg

KBRN, Mataram: Fenomena Citayam Fashion Week yang hits dan viral di Jakarta saat ini menular ke daerah-daerah di Indonesia. Tidak hanya di Kota besar seperti Bandung, Surabaya, Jogja dan beberapa daerah lainnya, namun fenomena ini juga hadir di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kegiatan tersebut digagas oleh Alumni Wirausaha Digital Mandiri 2021 (Widuri) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. Mengambil tema Wonderful NTB Fashion Week, kegiatan Fashion Week digelar di area hari bebas berkendara atau Car Free Day (CFD) jalan Udayana, Kota Mataram.

“Salah satu idenya tergugah dari Citayem fashion week,” jelas salah satu penggerak OK Oce Wonderfull NTB, Henda Apriyan kepada RRI, Minggu (7/8/2022).

Henda menjelaskan, Wonderful NTB Fashion Week ini berberda dari Citayam fashion week. Fashion Week yang digelar di NTB lebih fokus mengenalkan kearifan lokal budaya NTB.

“Lebih mengarah bagaimana caranya ekonomi kreatif yang ada di NTB khususnya UMKM NTB bisa memperkenalkan kearifan lokal dan budaya NTB itu melalui karya-karya kreativitas mereka tentunya produk-produk mereka,” jelasnya.

Visi-misi utamanya mengangkat kearifan lokal budaya NTB melalui karya seperti fashion yang diaplikasin dari kombinasi tenun, motif-motif tenun itu sendiri. Kemudian kriya dengan mengenalkan mutiara-mutiara terbaik di NTB, selanjutnya music-musik mengangkat seni-seni di NTB.

“Fashion show dengan nuansa busana kekinian dengan misi mengangkat kearifan tenun khas NTB,” jelas Henda.

“Dengan kreativitas lokal pelaku ekonomi kreatif Widuri 2021, Wonderful NTB Fashion Week turut meramaikan CFD Udaya,” imbuhnya.

Adapun peserta yang tampil sebanyak lima orang dari Alumni Widuri 2021 untuk fashion. Sementara beberapa produk dari ekraf seperti Kinasih Gallery, Uniwis, Otina Mutiara Jewelry, Kedau Guerame, Roti, Sere juga turut meramaikan kegiatan Wonderful NTB Fashion Week di depan Hotel Madani Mataram.

“Kita juga hadirkan bintang tamu Designer Fashion NTB ‘ASAL’. Dan semua dari brand itu  murni mengangkat kearifan lokal NTB,” katanya.

Kegiatan tersebut digelar mulai pukul 07.00 hingga selesai kegiatan CFD di jalan Udayana. Henda mengatakan, kegiatan ini disambut baik oleh antusias masyarakat yang sangat tinggi.

“Melihat antusias peserta, pelaku UMKM, dan masyarakat kegiatan ini kita agendakan secara regular namun tidak dalam waktu dekat,” tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar