Kemarau Tiba, Waspadai Dampaknya bagi Pengurangan Resiko

Haji Muzihir.jpg

KBRN, Mataram : Wakil Ketua DPRD NTB Haji Muzihir mengajak seluruh elemen masyarakat di daerah ini untuk waspada terhadap kebakaran akibat musim kemarau. Antisipasi dan kesigapan sangat diperlukan dalam menekan resiko yang terjadi.

Selain kebakaran, ancaman krisis air bersih juga perlu diwaspadai sehingga kesiapan pemerintah dalam mendukung ketercukupan air bersih sangat diperlukan.

"Kebakaran hutan, lahan, rumah dan krisis air bersih berpotensi terjadi. Maka kesiapan dari berbagai lini agar diperhatikan," ujarnya, Minggu (7/8/2022).

Ketua DPW PPP NTB ini menegaskan, potensi yang ada dapat diminimalkan dengan memerhatikan berbagai faktor. Tidak membuang puntung rokok sembarangan, mematikan listrik dan juga kompor jika bepergian atau keluar rumah.

"Kebakaran bisa juga terjadi akibat kelalaian manusia sehingga faktor penyebabnya untuk diperhatikan," imbuhnya.

Sementara itu, Sekda NTB Haji Lalu Gita Ariadi menegaskan bahwa Pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat melakukan penanganan cepat akibat yang ditimbulkan oleh kekeringan. Pemetaan terhadap potensi yang terjadi optimal dilakukan dalam menekan resiko yang terjadi.

"Pemprov NTB melalui OPD tehnis seperti BPBD, Disos dan lainnya melakukan berbagai langkah strategis menyikapi musim kemarau yang terjadi. Sumberdaya manusia dan peralatan yang ada digerakkan dalam memberikan pelayanan kepada warga yang terdampak kekeringan," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar