138 Peserta MTQ Masuk Final, Kafilah Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Bima Terbanyak

Ketua Dewan Hakim NTB Dr. TGH. Lalu Ahmad Zainuri saat on air bersama RRI Mataram dari panggung utama MTQ Pronvinsi NTB ke-29.jpeg

KBRN, Lombok Timur: Musabaqah Tilawatil Qur’an Tingkat Provinsi NTB ke-29 sudah memasuki babak final. Dari 517 peserta, sebanyak 138 kafilah dari sepuluh Kabupaten/Kota masuk babak final. Babak penentuan pemenang sudah berlangsung sejak pukul 08.00-23.00 Wita di masing-masing cabang mata lomba.

Ketua Dewan Hakim NTB Dr. TGH. Lalu Ahmad Zainuri mengatakan, dari sepuluh Kabupaten/Kota yang ikut, dua Kabupaten mendominasi untuk kafilahnya yang masuk final. Dua Kabupaten tersebut yaitu, Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Bima.

“Paling banyak Lombok Timur dan Kabupaten Bima masing-masing 21 orang,” kata Ketua Dewan Hakim NTB Dr. TGH. Lalu Ahmad Zainuri, Selasa (5/7/2022).

Menyusul, Kota Bima 19 orang, Lombok Barat 17 orang, Lombok Tengah 16 orang, Kota Mataram 14 orang, Kabupaten Sumbawa 7 orang, Sumbawa Barat 6 orang, dan Lombok Utara 5 orang. Menurutnya, persentase peserta yang masuk final dari sepuluh kabupaten/kota sudah merata dan semua berpeluang keluar menjadi juara umum.

“Belum tentu yang banyak finalis itu juara umum karena ketentuan juara umum itu dinilai dari juara satunya. Artinya, misalnya ada orang yang hanya dapat delapan di final terus dia menguasai juara satu di empat cabang atau kategori mereka bisa berpeluang karena nilai emas itu beda hitungannya,” jelas Zainuri.

Ia menambahkan, sejak pagi beberapa peserta dari semua cabang mata lomba sudah tampil maksimal di depan dewan hakim. Hal ini menurutnya, membuat para dewan hakim kewalahan namun tetap memberikan penilaian secara objektif dan professional.

Selain itu, Zainuri meminta keterlibatan semua pihak untuk memberikan penilaian kepada semua finalis. Harapannya, di MTQ tingkat provinsi NTB ke-29 ini keluar juara-juara yang professional dan membanggakan daerah masing-masing dan NTB pada umumnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar