DTSK Basis data Penyaluran PKH dan BPNT

KBRN, Mataram : Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) adalah basis data yang digunakan pemerintah untuk menyalurkan bansos PKH dan BPNT. Disamping itu juga DTKS merupakan sumber data utama pemerintah dalam menetapkan sasaran bagi program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan.

Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Pepen Nazaruddin mengatakan, melalui DTSK ini maka penyelenggaraan kesejahteraan sosial dapat dilaksanakan secara terarah, terpadu, dan berkelanjutan oleh kementerian maupun lembaga dan pemerintah daerah.

Untuk itulah, masyarakat yang masuk DTSK ini sepenuhnya bersumber dari pemerintah daerah

“Bukan persoalan dilapangan, tapi validasi peningkatan kualitas data, itu semua data sebagaimana arahan dari itu kewengan dari pemerintah kabupaten kota. Kalau kita hanya menampung saja datanya,” ungkapnya.

Dalam proses pendataan, verifikasi, dan validasi data dilakukan secara mandiri oleh pemerintah daerah kabupaten/kota melalui dinas sosial atau bersama dengan lembaga yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang kegiatan statistik.

Hal tersebut mengacu pada Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah. Dimana didalam undang-undang tersebut dijelaskan bahwa pembagian penyelenggaraan urusan pemerintah di bidang sosial menjadi kewenangan dan tanggung jawab masing-masing.

“Hasil Pendataan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota disampaikan kepada Pemerintah Daerah Provinsi untuk diteruskan kepada Kementerian Sosial,” tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar