Ribuan Peserta Ikuti Pawai Ta’aruf MTQ ke 29 Provinsi NTB di Lotim

KBRN, Lombok Timur: Pra acara MTQ XXIX Tingkat Provinsi NTB tahun 2022 di Lombok Timur berlanjut dengan pawai taaruf pada Kamis siang (30/6). Para peserta dilepas Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Asrul Sani. Kemeriahan segera terasa berkat penampilan Drumband Saka Bhayangkara Lombok Timur yang menjadi pembuka diiringi para pembawa bendera.

Drg Asrul Sani menjelaskan  kegiatan Pawai Ta'aruf untuk menyambut para kafilah dari 10 Kabupaten Kota  yang telah datang di Lombok Timur untuk meramaikan  kegiatan MTQ. Ditegaskannya kegiatan Pawai Ta'aruf bernuansa muslim sehingga seluruh peserta tetap menggunakan busana muslim termasuk pakaian sasak yang digunakan. Selain itu setiap kontingen maupun satuan pendidikan terdapat kelompok musik yang mengiringi mulai drumband hingga  kesenian tongkek.

" Jalur Pawai Ta'aruf yang dilalui dari Terminal Pancor dan Kantor Dishub Lombok Timur menuju ke Taman Tugu Selong. Terdapat panggung kehormatan juga dibuat." ucapnya. 

Iring-iringan dilanjutkan kafilah tuan rumah Lombok Timur dan kabupaten/ kota lainnya diselingi barisan siswa-siswi sekolah yang ada di Lombok Timur. Tidak sekadar berjalan melintas di sepanjang jalan TGH Zainuddin Abdul Majid dari Terminal Pancor hingga Masjid Agung Al-Mujahidin Selong, kehadiran para pendukung ini juga diramaikan berbagai kesenian mulai tongkek hingga gendang belek.

Tiap kafilah juga memamerkan keistimewaan serta adat dan kekhasan masing-masing. Hal itu memberikan warna tersendiri dalam pawai yang disaksikan pula oleh Bupati Lombok Timur H.M Sukiman Azmy, yang didampingi Sekda dan Forkopimda, serta pimpinan OPD lingkup Kabupaten Lombok Timur dari panggung kehormatan di TamanRinjani Selong. Hal itu menunjukkan antusiasme kabupaten/ kota meramaikan dan menyukseskan MTQ XXIX. Kabupaten Lombok Tengah yang dipimpin Bupati Pathul Bahri bahkan memboyong hampir seluruh ASN di lingkup Pemda Lombok Tengah. Bupati Sukiman segera menemui koleganya itu ketika melewati panggung kehormatan.

Selain Bupati Lombok Tengah, sejumlah kafilah juga didampingi pejabat daerahnya, seperti Kabupaten Sumbawa Barat yang didampingi Asisten bidang pemerintahan, demikian halnya dengan Kabupaten Bima. Sementara Kabupaten Sumbawa didampingi Kepala Bagian Kesra.

Kafilah dari seluruh kabupaten/ kota disambut meriah pula oleh masyarakat yang menyaksikan di sepanjang jalan yang dilalui. Kemeriahan tersebut ditutup gerakan pramuka saka wira kartika dengan atraksi yang penuh semangat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar