Operasi Pemisahan dan Pemulihan Sukses, Balita Kembar Diam Anaya dan Inaya Hari Ini Pulang ke Lotim

KBRN, Lombok Timur; Usai berhasil dipisahkan melalui operasi pada 15 Februari lalu, Balita kembar siam Anaya dan Inaya diperbolehkan pulang. Kepulangan keduanya beserta orang tua didampingi Wakil Direktur RSUD dr. R. Soedjono Selong dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Lombok Timur.

Usai dioperasi keduanya harus melakukan serangkaian proses untuk memastikan keduanya dapat hidup secara terpisah dan mandiri. Proses tersebut berlangsung selama lima bulan di bawah pengawasan tim RSUD dr. Soetomo Surabaya. Tidak saja memastikan kondisi fisik seperti luka operasi tetapi juga mental keduanya agar dapat tumbuh dan berkembang secara normal. Menurut Kepala Ruangan Nakula Sadewa RSUD. dr. Soetomo, Elmi, putri pasangan Jupri dan Hasniati asal Jurit tersebut mengalami kemajuan luar biasa. Karena alasan itu Anaya Rizka Ramdhani dan Inaya Rizka Ramdhani diperbolehkan pulang hari ini (30/6).

" Anaya dan Inayah memilki kemajuan sangat baik sehingga kita rekomendasikan dapat pulang ke Lombok Timur, " ujarnya

Operasi pemisahan Anaya-Inaya melibatkan 45 dokter spesialis dan berlangsung selama tak kurang dari tujuh jam, lebih cepat tiga jam dari perkiraan. Bupati H.M. Sukiman Azmy turut menyaksikan operasi tersebut. Bupati juga memantau perkembangan Kesehatan keduanya pasca operasi. Kunjungan terakhir Bupati pada awal Juni memastikan kepulangan Anaya dan Inaya.

Seluruh pendanaan untuk operasi Anaya dan Inaya berasal dari APBD Kabupaten Lombok Timur.

Anaya dan Inaya yang lahir pada 8 mei 2019 tersebut lahir di RSUD dr. R. Soedjono Selong dengan kondisi dempet dada dan perut.  Masing-masing memiliki organ lengkap. Operasi pemisahan ini menambah daftar sukses RSUD dr. Soetomo Surabaya. Anaya dan Inaya adalah sukses ke-114 RSUD ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar