Optimasilasi Pendidikan Berkarakter Jalan Benahi Learning Lose

Asrulriyadi, Kabid Dikdas Dipora Dompu.jpg

KBRN, Dompu : Penurunan semangat belajar siswa atau Learning Lose akibat pembelajaran daring, berdampak luas di Kabupaten Dompu. Raport Pendidikan tahun 2022 dari hasil penilaian 2021, menunjukkan Dompu, sangat rendah.

Kepala Bidang Dikdas Dinas Dikpora, Asrulryadi, mengatakan tahun 2022 ini, pembenahan untuk membangkitkan semangat belajar siswa, mulai di tumbuh kembangkan lagi. Salah satu tugas berat untuk mewujudkan Dompu yang mashur, adalah mengoptimalkan pendidikan berkarakter.

"Literasi dan nunerasi, harus tuntas sampai kelas tiga. Tidak ada lagi kelas 4 nantinya yang tidak bisa membaca," katanya, Rabu (29/6/2022)

Munculnya aksi pemanahan, hilangnya empati siswa ke guru dan orang tua, disebut-sebut dampak dari learning lose ini. Selain mengoptimalkan pendidikan berkarakter, Dikpora juga merancang metode untuk mengoptimalkan literasi dan nomerasi.

Ditargetkan, literasi dengan mengagendakan membaca sebelum belajar di mulai, mulai dijalankan. Harapannya, selain menumbuhkan semangat anak untuk belajar, juga untuk meningkatkan daya baca anak.

"Kita targetkan raport pendidikan kita di tahun 2023 dari hasil assement tahun 2022, harua naik," tambahnya.

Membudayakan membaca, baik pelajaran umum sampai agama, sebelum belajar, akan membantu tercapainya target itu. Ini selaras dengan Visi Misi Bupati Dompu, dengan Dompu yang Mashur. Sisi Unggul dan Relegius, lanjut Asrulryadi, menjadi hal yang utama di genjot. Outputnya, adalah menciptakan generasi emas Dompu yang tangguh.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar