Wujudkan Lombok Barat News Network, Diskominfotik Gelar SENIN KITA

KBRN, Mataram : Sekolah Jurnalistik dan Kajian Berita atau SENIN KITA yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Lombok Barat menghadirkan Redaktur Republika Muhammad Fakhruddin, S. IP, MA sebagai Narasumber utama dalam Sekolah Juranlistik dan Kajian berita yang diselenggarakan Senin, 27 Juni 2022. Kegiatan yang diikuti secara offline dan online melalui zoom ini diselenggarakan di Dinas Kominfotik Kabupaten Lombok Barat. 

Kepala Dinas Kominfotik Lombok Barat Ahad Legiarto, M. Eng mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai agenda rutin kominfotik Kabupaten Lombok Barat. Ia mengatakan bahwa Sekolah Jurnalistik dan Kajian Berita ini dilaksanakan untuk membentuk Sumber Daya Manusia Handal dalam bidang informasi dan Komunikasi Publik yang akan menyampaikan informasi pembangunan kepada masyarakat.

Ahad juga mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai upaya Dinas Kominfotik Lombok Barat dalam mewujudkan Lombok Barat news Network yang nantinya menjadi embrio dalam mendukung ekositem digital atau digitalisasi di Lombok Barat.

"Kita sudah memiliki website OPD dan Website desa, jadi nantinya rekan rekan yang ikut dalam sekolah jurnalistik inilah yang kami harapkan dapat mengisi konten web tersebut. Selain di web OPD dan desa tulisan tulisan mereka juga akan dimuat di website utama dan ini menjadi embrio Lombok Barat News Network" ujarnya. 

Lebih lanjut Ahad Legiarto mengatakan bahwa kegiatan SENIN KITA ini akan dilaksanakan setiap hari senin. Pesertanya berasal dari Tim Diskominfotik, OPD dan desa desa yang ada di Lombok Barat.

Ia berharap agar para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik agar dapat memahami berbagai teknik jurnalistik yang dipaparkan dalam SENIN KITA. 

Sementara itu narasumber utama dalam SENIN KITA edisi 27 Juni 2022, Muhammad Fakhruddin, S. IP, MA menyampaikan materi tentang teknik wawancara. Materi yang disampaikan oleh Redaktur Republika ini mendapat perhatian serius dari para peserta yang mengikuti secara offline maupun online.

Hal ini karena narasumber menyampaikan materi dengan apik dan menyenangkan. Dalam kesempatan tersebut narasumber menceritakan berbagai pengalamannya dalam melaksanakan wawancara. Hal ini menarik perhatian dari para peserta.

"Jadi dalam wawancara itu kita harus percaya diri sehingga kita dapat memberikan pertanyaan pertanyaan yang berkualitas dan bermutu. Selain itu juga kita perlu juga membuat daftar pertanyaan yang akan kita tanyakan," ujarnya. 

Muhammad Fakhruddin menyampaikan bahwa dalam melaksanakan tugas jurnalistik berupa wawancara  seorang jurnalis atau wartawan harus memahami teknik dan etika dalam melaksanakan wawancara.

Hal ini penting agar wawancara yang dilakukan memperoleh jawaban memuaskan dari narasumber. Ia mengatakan untuk melaksanakan wawancara tentu memerlukan trik trik khusud agar narasumber merasa nyaman dan senang menjawab pertanyaan yang dilontarkan.

"Sebagai wartawan tentu kita harus tetap menjaga etika dalam wawancara agar narasumber merasa nyaman dan bersedia menjawab pertanyaan pertanyaan yang kita sampaikan" ujarnya. 

Alumni Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini juga menyampaikan bahwa berita dari masing masing wartawan yang disusun dari hasil wawancara tentu berbeda. Hal ini tergantung dari angel atau latar belakang berita yang dibuat. Karena wawancara ini menjadi penting sebagai bahan utama dalam membuat berita. 

Acara yang dipandu atau dimodratori langsung oleh Arief Rachman, S.IP Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfotik Lombok Barat ini kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab.

Berbagai hal ditanyakan oleh peserta yang ikut secara offline dan online kepada narasumber yang memiliki jam terbang tinggi dalam bidang jurnalistik. Kegiatan SENIN KIT ini berjalan dengan lancar dan para peserta nampak semangat mengikuti materi yang disampaikan oleh narasumber yang merupakan Redaktur Republika.

Para peserta berharap agar kegiatan SENIN KITA ini tetap dilaksanakan untuk memperkaya ilmu mereke tentang jurnalistik. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar